Sabtu, 19 Januari 2019

Khasiat Cabe Rawit Untuk Asam Urat

Khasiat Cabe Rawit Untuk Asam Urat - Ok, siapa yang gak kenal dengan salah satu buah yang populer akan rasa pedasnya yang menusuk di lidah ini??? Ya dia si cabe rawit, buah yang memiliki efek mengejutkan di lidah. :D

Nah, selain dikenal akan rasa khasnya yang dapat membakar lidah, ternyata cabe juga dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Yup, salah satunya adalah mampu membantu mengobati nyeri yang terjadi akibat asam urat yang tinggi.

Asam urat sendiri merupakan jenis senyawa alami yang dimiliki tubuh, namun juga bisa didapat dari sejumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, jika kadar asam urat di dalam tubuh meningkat, hal ini dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan, di mana kondisi ini seringkali disebut dengan penyakit asam urat.


Jika kadar asam urat di dalam tubuh meningkat dan tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat di dalam tubuh. Jika kondisi ini terus dibiarkan akan dapat menyebabkan terjadinya pembentukan kristal asam urat yang tajam di dalam tubuh. Nah, kristal asam urat inilah yang menjadi penyebab terjadinya peradangan dan rasa nyeri pada area sendi yang dapat menyebar ke bagian lainnya. Nah, untuk membantu mengatasi rasa nyeri tersebut, Anda bisa memanfaatkan cabe rawit untuk solusinya. 

Khasiat Cabe Rawit Untuk Asam Urat

Khasiat Cabe Rawit Bagi Penderita Asam Urat

Yup, cabe rawit sendiri diketahui mengandung sejumlah senyawa dan nutrisi yang baik bagi kesehatan, di antaranya yaitu  vitamin A dan C yang tinggi, resin, karotenoid, alkaloid atsiri, minyak volatil dan capsaicin. Nah, kandungan yang terkandung dalam cabe rawit tersebut diduga dapat mengatasi rasa nyeri yang terjadi akibat asam urat yang menumpuk di tubuh baik dari dalam maupun dari luar. 

Namun yang perlu Anda ingat, jangan pernah mengkonsumsi cabe rawit terlalu banyak. Mungkin kalian juga sudah tahu bahwa segala hal yang berlebihan itu tidaklah baik. Jadi, jika Anda ingin menjadikan cabe rawit ini sebagai obat asam urat, Anda disarankan untuk menggunakannya secara bijak. 

Untuk pengobatan nyeri asam urat dengan menggunakan cabe rawit, Anda bisa menggunakan cabe rawit ini sebagai pengobatan luar maupun dalam. Dan berikut merupanan kandungan cabe rawit yang dapat berperan dalam mengobati penyakit asam urat :

  • Vitamin C

Yup, kalian juga sudah tahu bahwa cabe rawit mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Nah, vitamin C sendiri dikenal sebagai nutrisi yang memiliki kemampuan untuk menetralkan asam urat di dalam tubuh. Di samping itu, vitamin C juga diketahui mampu membantu sistem kerja ginjal untuk mengeluarkan zat asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Sehingga dengan kata lain cabe rawit ini dapat sobat jadikan sebagai obat penurun kadar asam urat yang tinggi.

  • Capsaicin

Nah, senyawa capsaicin sendiri merupakan senyawa yang dikenal sebagai zat yang menimbulkan rasa pedas. Sehingga tidak heran ketika Anda mengkonsumsi makanan dengan olahan cabe rawit Anda akan merasakan kepedasan dan memicu munculnya keringat. Nah, hal ini akan sangat baik untuk penderita asam urat. Di mana saat tubuh mengeluarkan keringat, tanpa kita sadari zat asam urat berlebih dalam tubuh pun akan ikut keluar bersamaan dengan keringat tersebut. Bahkan senyawa capsaicin juga diketahui dapat membantu meredakan kejang otot dan persendian tubuh serta menghambat rasa sakit yang biasa ditimbulkan oleh asam urat yang berlebih.

Untuk pemakaian luarnya, Anda bisa mengoleskan cabe rawit yang telah dihaluskan pada bagian tubuh yang nyeri akibat asam urat. Efek panas yang ditimbulkan dari cabe tersebut akan membantu meredakan peradangan dan rasa nyeri yang sedang terjadi dari luar. Sehingga dengan cabe rawit ini Anda bisa mengobati asam urat dari luar sekaligus dari dalam juga.

Namun, yang perlu Anda ingat, gunakan cabe rawit dengan batasan yang normal dan jangan berlebihan. Maka dengan begitu khasiat dari cabe rawit bisa didapatkan dengan maksimal dan baik untuk kondisi kesehatan Anda. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Ok, langsung aja klik di sini!!!

Ok sobat, itulah dia beberapa informasi mengenai khasiat cabe rawit yang baik untuk penderita asam urat. Nah, sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Khasiat Cabe Rawit Untuk Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar