Selasa, 17 Juli 2018

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat - Hallo sobat? Apa kabar? Ketemu lagi nih dengan saya admin articulosdesoftware.blogspot.com, situs yang menyediakan beragam macam informasi kesehatan, khususnya seputar penyakit asam urat. Nah, untuk pertemuan kali ini saya akan membantu Anda yang ingin tahu apa saja sih penyebab dari penyakit asam urat? Untuk mempersingkat waktunya mari kita simak pembahasannya bersama!!!

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang mengeluhkan nyeri pada persendian. Tak jarang rasa nyeri yang ditimbulkannya pun terasa sangat sakit dan bahkan dapat menyebabkan seseorang yang menderitanya mengalami demam dan kesulitan untuk bergerak. Nah, salah satu penyebab nyeri sendi yang sering terjadi ini adalah penyakit asam urat. Penyakit asam urat dapat terjadi pada siapa pun dan pada usia berapa pun. Dari beberapa kasus penyakit asam urat ini dapat terjadi karena pola hidup yang kurang sehat. Contohnya adalah memiliki pola makan yang sembarangan dan kurangnya berolahraga menjadi pemicu terjadinya penyakit asam urat yang paling sering terjadi.

Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat sendiri merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan radang sendi. Peradangan yang terjadi pada sendi ini terjadi akibat adanya penumpukan zat asam urat di dalam tubuh yang lama kelamaan berubah bentuk menjadi kristal-kristal tajam di dalam tubuh, terutama di sekitaran sendi. Penumpukan zat asam urat ini dapat terjadi akibat terlalu banyak zat purin yang masuk ke dalam tubuh. Zat purin yang masuk ke dalam tubuh akan diolah oleh tubuh menjadi zat asam urat. Sehingga jika zat purin yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak, maka hal ini tidak akan menutup kemungkinan zat asam urat pun ikut meningkat.

Pada dasarnya tubuh hanya memerlukan sedikit zat asam urat, sebagian besar zat asam urat yang dihasilkan tubuh dari pemecahan asam amino menjadi purin ini akan diekskresi atau dibuang oleh ginjal melalui urine atau oleh usus menjadi feses.

Nah, ketika terjadi gangguan keseimbangan antara penghancur purin dan laju pengeluaran asam urat dari dalam tubuh, maka hal ini juga dapat menjadi faktor terjadinya peningkatan zat asam urat di dalam tubuh. Kondisi seperti ini biasanya disebut dengan hyperuricaemia.


Penyebab Penyakit Asam Urat

Nah, dari beberapa kondisi yang telah dijelaskan di atas, sudah dapat kita ketahui, bahwa tubuh hanya memerlukan zat asam urat dalam jumlah yang sedikit. Kondisi yang menyebabkan kadar asam urat di dalam darah yang tinggi dan ditambah dengan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat yang terganggu ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit asam urat.

Selain kondisi tersebut, penyakit asam urat ini juga dapat dipicu oleh beberapa faktor di antaranya :

Makanan Yang Tinggi Purin

Dari yang diketahui ternyata tubuh sudah menyediakan 85% kebutuhan asam urat dan sisanya didapat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pola makan yang sembarangan seperti menikmati berbagai makanan tanpa memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam makanan tersebut, bisa dikatakan sebagai salah satu faktor penyebab asam urat melonjak naik dalam darah. Makanan cepat saji menjadi daftar menu hitam yang dapat memicu munculnya penyakit asam urat.

Makanan yang diketahui memiliki kadar purin yang sangat tinggi dapat kita temui sehari-hari, beberapa di antaranya adalah jeroan, melinjo, kerang, cumi, udang, makanan kaleng, dan alkohol. Nah, selain makanan yang mengandung purin tinggi, ternyata makanan dengan tingkat purin sedang juga dapat menjadi faktor pemicu terjadinya penyakit asam urat, beberapa makanan tersebut adalah tahu, tempe, bayam, kacang-kacangan, oncom, dan daging merah. Nah, untuk penderita penyakit asam urat ini disarangkan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah purin di antaranya susu, buah-buahan, telur, keju dan lain sebagainya.

Jadi, untuk membantu mencegah penyakit asam urat ini, ada baiknya Anda menjaga pola makanan Anda. Perhatikan asupan makanan sehari-hari Anda.

Penyakit

Penyakit asam urat ini juga dapat terjadi akibat dari komplikasi beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi, ginjal dan sistem metabolik. Penyakit-penyakit ini diketahui memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menyebabkan penyakit asam urat.

Nah, pada beberapa kasus penyakit asam urat ini, ternyata jenis pengobatan seperti kemoterapi pada penyakit kanker juga dapat menjadi pemicu munculnya penyakit asam urat. Hal ini terjadi ketika seseorang yang menjalani kemoterapi, bukan hanya sel kanker nya saja yang mati, akan tetapi sel-sel sehat disekitarnya pun akan ikut mati akibat obat-obatan yang diberikan saat kemoterapi.

Pada kondisi ini sel yang mati akan dipecah, inti sel dan DNA-nya pun akan ikut dipecah menjadi purin. Sehingga dengan begitu, kondisi ini menyebabkan tubuh memproduksi purin yang tinggi dan pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit asam urat.

Obat-Obatan

Selain dua kondisi di atas penyakit asam urat juga dapat terjadi akibat dari pengonsumsian obat-obatan tertentu seperti niacin, aspirin, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor), obat penghambat beta (beta bloker), obatan-obatan kemoterapi, dan obat-obatan yang tergolong diuretik menjadi faktor yang dapat meningkatkan penyakit asam urat.

Nah, untuk membantu mencegah penyakit asam urat ini. Ada baiknya Anda memperhatikan dosis dan aturan pakai obat-obatan tersebut sesuai dengan yang telah diresepkan oleh dokter. Jika, Anda mengalami keluhan, Anda dapat mengkonsultasikan pada dokter Anda, guna mendapatkan solusi terbaik bagi penyakit yang Anda alami.

Obesitas

Selain dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kolesterol, diabetes, stroke dan lainnya, ternyata kelebihan berat badan juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit asam urat. Dari yang telah diketahui ternyata para ahli memperkirakan bahwa jaringan lemak juga dapat meningkatkan produksi asam urat meningkat dalam tubuh. 

Nah, untuk mencegah agar penyakit ini tidak menyerang Anda, Anda dapat membantu mencegahnya dengan menjaga berat badan atau Anda juga dapat menurunkan berat badan jika Anda memiliki berat badan berlebih.

Faktor Genetik

Dari yang diketahui penyakit asam urat juga ternyata dapat diturunkan dari genetika atau keluarga lho. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit asam urat, kemungkinan hal ini dapat diturunkan pada keluarga kandungannya seperti dari orang tua ke anaknya, dari nenek/kakek ke cucu nya dan sebagainya. Faktor genetika ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat sebesar 20%. Selain itu penyakit asam urat ini juga lebih rentan menyerang pria dibandingkan dengan wanita. Hal ini dikarenakan wanita memiliki hormon estrigen yang melindunginya dari penyakit asam urat. Hormon ini diketahui dapat membantu membuang purin. Sehingga hal ini membuat wanita jarang mengalami penyakit asam urat.

Walaupun demikian, biasanya penyakit asam urat ini akan menyerang wanita ketika telah memasuki masa manopause. Oleh karena itu wanita yang telah memasuki masa manopause harus tetap waspada dengan penyakit ini. Hal ini dikarenakan setelah wanita manopause, hormon estrogen sudah tidak diproduksi lagi, sehingga risiko terserang penyakit asam urat pun menjadi meningkat.

Nah, itu beberapa penyebab dari penyakit asam urat yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan informasi penyebab penyakit asam urat. Terimakasih atas kunjungan sobat.

Penyebab Penyakit Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar