Selasa, 24 Juli 2018

Pantangan Yang Harus Dipatuhi Bagi Penderita Penyakit Asam Urat

Pantangan Yang Harus Dipatuhi Bagi Penderita Penyakit Asam Urat - Nah, khusus bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat, mulailah untuk memperhatikan berbagai pantangan bagi penderita penyakit asam urat. Selain itu, jangan pernah sepelekan penyakit asam urat ini, walaupun gejala yang ditimbulkan penyakit asam urat dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi penyakit ini dapat datang kembali secara tiba-tiba dan bahkan dapat bertambah lebih parah. Bukan hanya itu, jika penyakit asam urat ini tidak segera di tangani dengan tepat, maka penyakit ini tidak menutup kemungkinan dapat membahayakan kesehatan si penderita. 

Berikut beberapa kondisi yang bisa disebabkan akibat penyakit asam urat yang tidak segera ditangani dengan penanganan yang tepat :
  • Menyebabkan Batu Ginjal

Nah, jika penumpukan asam urat terjadi pada ginjal dan dibiarkan begitu saja. Maka hal ini tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan zat asam urat tersebut mengendap dan membentuk batu ginjal. Jika hal ini tidak segera ditangani dengan tepat, semakin lama fungsi ginjal pun akan terganggu dan bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal.
  • Menyebabkan Gangguan kesehatan Jantung

Hal ini bisa saja terjadi karena, jika kadar asam urat di dalam darah tidak segera di keluarkan dan terjadi penumpukan di dalam aliran darah, semakin lama zat asam urat ini dapat membeku atau membentuk kristal asam urat. Sehingga hal ini pun menyebabkan tersumbatnya aliran darah. Jika hal ini sudah terjadi maka kinerja jantung pun akan terganggu dan menyebabkannya untuk bekerja ekstra keras untuk mengalirkan darah. Dan hal ini pula yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Nah, untuk membantu mengatasi dan mencegahnya, ada baiknya Anda mulai dengan memperhatikan pantangan bagi penderita asam urat. Hal ini diketahui mampu membantu mencegah terjadinya kembali penumpukan asam urat di dalam darah.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Dari yang telah kita ketahui sendiri, bahwa penyebab utama dari penyakit asam urat adalah adanya penumpukan zat asam urat di dalam tubuh yang menyebabkannya berubah menjadi kristal-kristal tajam. Penumpukan ini dapat terjadi karena kadar asam urat di dalam tubuh mengalami peningkatan yang siginifikan. Hal ini dapat terjadi akibat terlalu banyaknya zat purin yang masuk ke dalam tubuh. Zat purin bisa Anda temui pada berbagai macam makanan sehari-hari yang Anda konsumsi. Nah, untuk itu bagi Anda yang ingin mencegah penyakit asam urat agar tidak mudah kambuh, ada baiknya untuk memperhatikan pola makan atau jajan Anda sehari-hari.


Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat

Untuk membantu Anda yang ingin mencegah penyakit asam urat agar tidak mudah kambuh lagi. Berikut kami berikan beberapa informasi mengenai pantangan makanan yang harus Anda patuhi, agar penyakit asam urat yang Anda derita tidak mudah kambuh.

Berikut merupakan beberapa makanan yang harus Anda hindari untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat :
  • Jeroan, seperti ati, limpa, babat, usus, paru, lidah, otak, ginjal dan jantung. Jenis makanan yang satu ini diketahui memiliki kandungan purin yang sangat tinggi, sehingga jeroan ini menjadi pantangan nomor satu yang harus Anda hindari.
  • Makanan laut (kerang, remis, ikan sarden, ikan tuna, ikan harin, ikan teri, dan ikan sikang), jenis makanan ini juga diketahui memiliki kandungan zat purin yang sangat tinggi. Oleh karena itu bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan laut, untuk sekarang usahakan untuk membatasi mengkonsumsi makanan ini.
  • Daging-dagingan, walaupun makanan ini tergolong pada makanan dengan zat purin sedang, akan tetapi Anda juga harus tetap membatasinya.
  • Sayuran, ternyata beberapa sayuran juga diketahui memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Oleh karena itu Anda patut mewaspadainya. Beberapa sayuran yang diketahui memiliki kandungan purin tinggi ini di antaranya, bayam, kembang kol, kacang polong, jamur, dan asparagus. Namun, dari yang diketahui dari sejumlah penelitian kandungan purin yang terkandung pada sayuran tidak akan menimbulkan masalah bagi penderita asam urat atau risiko terkena asam urat atau serangan ulangannya tidak akan meningkat. Walaupun demikian, Anda tetap harus mewaspadainya dan tetap membatasi konsumsi sayuran yang tinggi purin.
  • Minuman beralkohol, contoh minuman beralkohol adalah bir. Bir ini diketahui memiliki kandungan purin yang dapat menyebabkan kadar asam urat di dalam darah meningkat. Selain itu bir juga diketahui dapat menyebabkan dehidrasi, yang mana hal ini memiliki risiko yang sangat tinggi untuk menimbulkan nyeri pada penderita asam urat.
  • Makanan atau minuman manis, walaupun gula diketahui memiliki kadar purin yang rendah, akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes dan obesitas. Di mana kondisi ini merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah menjadi tinggi. Nah, untuk itu Anda juga dianjurkan untuk membatasi makanan dan minuman yang mengandung gula yang tinggi. Sebagai gantinya Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan. Selain itu hindarilah minuman yang mengandung fruktosa, hal ini karena fruktosa diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah.

Nah, dengan mematuhi pantangan ini, dijamin Anda akan terhindar dari kambuhnya penyakit asam urat dan juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Di mana hal ini sangat baik untuk membantu proses penyembuhan asam urat yang Anda derita.

Selain mematuhi patangan ini, Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat secara rutin dengan berolahraga. Dengan berolahraga diketahui dapat membantu menjaga stabilitas kadar asam urat dalam tubuh. 

Bukan hanya itu bagi Anda yang menderita asam urat juga disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak diketahui dapat membantu untuk mengeluarkan asam urat melalui urine. 

Walaupun pantangan ini belum dapat memastikan untuk menyembuhkan penyakit asam urat secara menyeluruh. Namun ada baiknya Anda mematuhi pantangan ini, guna untuk mencegah terjadinya kekambuhan penyakit asam urat. Dan jika Anda ingin menyembuhkan penyakit asam urat secar alami dan menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping, Anda dapat mencoba obat penyakit asam urat herbal yang diracik dari bahan herbal. Dijamin efektif mengobati penyakit asam urat secara menyeluruh dengan aman tanpa menimbulkan efek samping.

Nah, itu dia beberapa pantangan yang wajib di patuhi bagi Anda yang menderita penyakit asam urat. Sekian yang dapat saya sampaikan semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan sobat sekalian.

Pantangan Yang Harus Dipatuhi Bagi Penderita Penyakit Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar