Sabtu, 07 Juli 2018

Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegahnya

Penyakit Asam Urat - Hallooo, sobat??? Selamat datang di situs articulosdesoftware.blogspot.com, yaitu situs yang menyediakan beragam macam informasi kesehatan yang relefan. Untuk kesempatan pertama saya, kali ini saya akan membahas mengenai penyakit asam urat dan cara mencegahnya. Nah, di antara kalian apa ada yang tahu mengenai asam urat nya sendiri. Untuk mengetahuinya mari kita simak informasinya bersama!!!

Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu senyawa yang yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi lapisan pembuluh darah. Asam urat ini adalah senyawa turunan dari purina yang memiliki rumus C5H4N4O3, dan merupakan hasil dari sisa metabolisme zat purin yang masuk ke dalam tubuh dari makanan. Purin sendiri merupakan senyawa organik yang terdapat di dalam sel, tumbuhan dan hewan. Nah, purin yang masuk ke dalam tubuh didapat dari makanan yang mengandung purin seperti sayuran, daging dan makanan lain. Nah, dari beberapa kasus diketahui bahwa kelebihan dan kekurangan asam urat di dalam tubuh ini sering menjadi indikasi terjadinya penyakit. Salah satunya adalah penyakit asam urat.

Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat sendiri merupakan suatu kondisi di mana kadar asam urat di dalam tubuh sangat tinggi. Kondisi seperti ini pun dapat menyebabkannya menumpuk di dalam tubuh. Nah, penumpukan ini dapat menyebabkan zat asam urat berubah menjadi kristal-kristal tajam di dalam tubuh. Kristal-kritas asam urat ini lah yang menyebabkan seseorang yang menderita asam urat merasakan rasa sakit yang teramat pada bagian persendian dan jaringan disekitas sendi yang diserang. Penyakit asam urat ini dapat menyerang semua bagian sendi. Namun yang paling umum terjadi, biasanya penyakit asam urat ini menyerang bagian sendi lutut, pergelangan kaki, jari kaki, pergelangan tangan dan jari tangan.

Gejala Penyakit Asam Urat

Pada kondisi seperti ini, biasa kristal kristal tajam asam urat ini akan menyerang secara tiba-tiba dan berulang. Rasa sakit yang terjadi pada sendi diakibatkan karena kristal tajam dari asam urat ini menusuk bagian sendi. Di samping menyebabkan rasa sakit penyakit asam urat ini juga dapat menyebabkan peradangan pada sendi dan jaringan disekitarnya serta menimbulkan warna kemerahan pada bagian tubuh yang diserang. Selain itu ketika penyakit asam urat ini mulai terjadi maka tubuhpun akan sulit bergerak secara leluasa.

Dari yang diketahui orang yang mengalami penyakit asam urat akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Gejala yang paling umum terjadi adalah rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi dan area sekitarnya yang diserang. Rasa nyeri yang ditimbulkannya pun dapat terasa sangat menyakitkan dan terkadang bahkan dapat menyebabkan seseorang yang mengalaminya kesulita untuk bergerak secara leluasa. Rasa nyeri/sakit yang ditimbulkan akibat serangan asam urat ini dapat berlangsung selama 3-10 hari.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Selain itu dari beberapa kasus yang terjadi ternyata penyakit asam urat ini juga tergolong ke dalam penyakit yang berisiko dapat diturunkan. Nah, kemungkinan jika diantara kalian ada yang memiliki kerabat atau saudara yang pernah atau memang memiliki riwayat penyakit asam urat, kemungkinan penyakit ini dapat diturunkan pada Anda. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi ada baiknya kalian menghindari berbagai risiko yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit asam urat, salah satunya dengan membatasi makanan yang terlalu banyak mengandung purin. Hal ini dikarenakan penyebab utama penyakit asam urat adalah akibat dari kelebihan konsumsi purin. Purin dapat masuk melalui makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang tinggi akan kandungan purin diantaranya :


  • daging merah
  • seafood,
  • anggur
  • minuman berakohol,
  • produk makanan yang mengandung ragi,
  • cokelat.

Komplikasi Penyakit Asam Urat


Walaupun penyakit asam urat ini tergolong ke dalam penyakit yang jarang menimbulkan komplikasi. Namun ada baiknya kalian tetap harus mewaspadainya. Berikut merupakan beberapa komplikasi yang dapat disebabkan oleh penyakit asam urat :

  • Batu ginjal yang disebabkan karena penumpukan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal.
  • Timbulnya tofi atau benjolan keras di sekitar bagian tubuh yang terkena radang.
  • Kerusakan sendi permanen yang dapat disebabkan oleh peradangan yang terus berlangsung akibat benjolan keras di dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi tersebut. Biasanya kerusakan sendi permanen ini terjadi karena penyakit asam urat yang dialami diabaikan selama bertahun tahun.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat


Cara terbaik untuk mencegah penyakit asam urat ini adalah dengan menjaga asupan makan dan menghindari berbagai faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah penyakit asam urat :

  • menghindari makanan yang memiliki kandunga purin tinggi, jeroan, daging, seafood, dll,
  • banyak minum air putih,
  • hindari minuman beralkohol,
  • minum kopi secukupnya,
  • konsumsi buah yang kaya akan antioksidan seperti cery dan stroberry,
  • konsumsi vitamin tambahan
  • cegah obesitas,
  • rajin berolahraga,
  • minum susu.

Itu dia beberapa informasi yang dapat saya sampaikan mengenai penyakit asam urat. Sekian dari saya dan semoga informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi kalian semua dan terimakasih untuk kunjungan sobat sekalian.

Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar