Senin, 09 Juli 2018

Tanaman Herbal Obat Asam Urat

Tanaman Herbal Obat Asam Urat - Hallo sobat herbal??? Selamat datang kembali di situs articulosdesoftware.blogspot.com, yaitu situs yang menyediakan beragam macam informasi kesehatan yang relefan. Nah, untuk kesempatan kali ini saya bertugas untuk memberikan informasi seputar tanaman herbal yang diketahui memiliki khasiat untuk membantu mengobati penyakit asam urat. Untuk memulainya mari kita simak pembahasan mengenai asam uratnya terlebih dahulu!!!

Asam Urat 

Asam urat sendiri merupakan zat sisa metabolisme dari senyawa purin. Asam urat ini memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Namun jika asam urat yang dimiliki tubuh melebihi batas normal, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa penyakit seperti batu ginjal dan penyakit asam urat.

Kadar zat asam urat yang tinggi ini dapat menyebabkannya menumpuk di dalam tubuh dan seiring waktu berjalan, lama kelamaan zat asam urat ini akan berubah menjadi kristal-kristal tajam di dalam tubuh. Nah, kristal-kristal inilah yang menjadi faktor utama penyebab penyakit asam urat.

Penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit yang menyerang berbagai bagian sendi pada tubuh. Namun, yang paling umum diserang adalah sendi pergelangan dan jari tangan, sendi lutut, sendi pergelangan kaki dan jari kaki. Penyakit asam urat ini ditandai dengan peradangan dan rasa nyeri yang teramat pada bagian sendi dan area disekitarnya yang diserang. Rasa nyeri dan peradangan yang ditimbulkannya dapat terasa sangat menyakitkan dan bahkan dapat menyebabkan seseorang yang menderita penyakit asam urat ini akan mengalami kesulitan untuk bergerak secara leluasa.

Perkembangan gejala yang dialami pasien penderita asam urat ini pun akan berjalan dengan cepat dalam beberapa jam. Selain itu rasa nyeri dan peradangan yang ditimbulkan asam urat ini pun dapat berlangsung selama 3-10 hari.

Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

Nah, dari yang diketahui ternyata penyakit asam urat ini memiliki beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit asam urat. Beberapa di antaranya adalah :

  • Faktor usia, dari sebuah riset menyatakan bahwa orang yang berusia di atas 40 tahun lebih berisiko mengalami penyakit asam urat. Pada kasus penyakit asam urat ini wanita mungkin akan mengalami penyakit asam urat ini ketikan ia memasuki usia manoupase
  • Faktor jenis kelamin, dari yang diketahui pria memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami penyakit asam urat dibanding dengan wanita.
  • Faktor genetika, ternyata penyakit asam urat ini juga dapat berisiko diturunkan lho. Pada kasus ini kemungkinan jika diantara keluarga ada yang memiliki riwayat asam urat penyakit ini pun dapat diturunkan pada anak, atau saudaranya.
  • Faktor makanan, selain faktor-faktor tersebut ternyata makanan yang dikonsumsi juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit asam urat, terutama jika makanan tersebut mengandung zat purin yang sangat tinggi. Zat purin yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi faktor yang menentukan kadar asam urat di dalam tubuh. Jika zat purin yang dikonsumsi terlalu banyak maka hal ini dapat menyebabkan zat asam urat pun meningkat. Hal ini dikarenakan zat purin yang masuk ke dalam tubuh ini akan diolah menjadi asam urat, sehingga tidak heran jika zat purin yang dikonsumsi terlalu banyak maka zat asam urat pun juga ikut meningkat.

Tanaman Herbal Obat Asam Urat

Nah, untuk membantu mengatasi atau mengobati penyakit asam urat ini, selain dapat menggunakan obat medis ternyata penyakit asam urat ini juga dapat diobati dengan beberapa tanaman herbal, diantaranya :

  • Brotowali
Brotowali mungkin menjadi salah satu tanaman yang sudah tidak asing lagi untuk kalian. Hal ini dikarenakan brotowali ini telah lama digunakan sebagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit ringan dan berat salah satunya adalah penyakit asam urat ini. Selain itu jamu brotowali juga sudah banyak dijual di pasaran oleh mba-mba tukang jamu, sehingga nama brotowali ini sudah tidak asing lagi. Nah, dari yang diketahui brotowali ini memiliki senyawa alami yang berperan sebagai anti inflamasi yang terbukti efektif untuk membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan yang terjadi akibat asam urat, rematik dan berbagai macam penyakit lainnya.

    • Daun Salam
    Nah, selain brotowali mungkin kalian juga sudah tidak asing lagi dengan daun yang satu ini. Yup, daun salam lebih dikenal sebagai salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai pelengkap masakan, dan penambah kelezatan atau aroma pada masakan. Namun, yang perlu kalian tahu, ternyata daun salam ini juga memiliki sejumlah kandungan berkhaisat diantaranya adalah kandungan minyak atsiri, tanin dan flavonoid. Nah, semua kandungan yang dimilikinya ini mampu membantu mengatasi berbagai rasa nyeri salah satunya nyeri yang disebabkan oleh penyakit asam urat. Nah, selain berkhasiat untuk mengatasi rasa nyeri akibat asam urat, ternyata kandungannya ini juga memiliki kemampuan sebagai diuretic atau peluru kencing, sehingga hal ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Hal ini sangat baik untuk penyakit asam urat.

      • Kumis Kucing
      Dari yang diketahui tanaman kumis kucing ini sangat efektif untuk membantu mengobati asam urat secara alami. Selain itu tanaman kumis kucing juga menjadin salah satu tanaman yang telah lama digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Dari hasil penelitian kumis kucing ini memiliki kandungan bernama zat orthosiphonin dan zat diuretik yang sangat baik untuk digunakan sebagai rambuan herbal yang dapat merangsang pengeluaran asam urat melalui urin.

      Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

      Nah, agar asam urat tidak kambuh lagi setelah mengkonsumsi ramuan herbal dari tanaman di atas. Ada baiknya Anda juga melakukan pencegahan dengan beberapa cara berikut :
      • Berolahraga secara teratur dan rutin, selain dapat membuat tubuh terasa bugar, dengan berolahraga secara teratur juga dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit termasuk mencegah penyakit asam urat. Di samping itu dengan olahraga sendi pun akan lentur dan menjadi lebih kuat sehingga dengan begitu penyakit asam urat pun dapat dicegah.
      • Batasi makanan atau bila perlu hindari makanan yang mengandung purin tinggi, hal ini dilakukan untuk mencegah asam urat kembali tinggi. Dengan membatasi atau menghindari makan tinggi purin, maka risiko meningkatnya penyakit asam urat pun dapat diminimalisir.
      • Menurunkan berat badan berlebih, hal ini dikarenakan obesitas juga dapat menjadi faktor meningkan asam urat menumpuk di dalam tubuh.
      • Perhatikan pola istirahat, mengatur pola tidur yang baik dan mengistirahatkan sendi serta tubuh lain juga dapat membantu mencegah asam urat menyerang sendi.
      • Jauhi alkohol, karena alkohol memiliki senyawa kimia yang dapat memicu terjadinya penyakit asam urat.
      • Perbanyak meminum air putih, karena air putih sangat baik untuk keseimbangan tubuh. Di samping itu air putih juga dapat membantu memperbaiki sendi yang kaku.
      Nah, itu dia beberapa informasi mengenai tanaman hebal obat penyakit asam urat yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kalian dan terimakasih atas kunjungan sobat sekalian.

      Tanaman Herbal Obat Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

      0 komentar:

      Posting Komentar