Senin, 13 Agustus 2018

Cara Mencegah Asam Urat Meningkat Dalam Darah Dengan Mudah

Cara Mencegah Asam Urat Meningkat Dalam Darah Dengan Mudah - Asam urat sendiri merupakan senyawa alami yang dibutuhkan tubuh untuk membantu melindungi lapisan pembuluh darah. Namun, kadar asam urat yang dibutuhkan tubuh ini hanya dalam jumlah yang kecil. Jadi, jika kadar asam urat melebihi batas normal yang dibutuhkan tubuh, maka kadar asam urat dalam tubuh akan sulit untuk dicerna dan bahkan dapat menimbulkan penyakit yang disebut dengan penyakit asam urat/gout.

Penyakit asam urat sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering menghantui sejumlah orang. Penyakit ini diketahui lebih rentan menyerang orang di usia 30 tahun ke atas. Namun, walaupun demikian bagi Anda yang berusia di bawah 30 tahun bukan berarti terbebas dari yang namannya penyakit asam urat ini. Nah, dari yang diketahui akhir-akhir ini banyak sekali kasus asam urat yang menyerang mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Hal ini menunjukan bahwa penyakit asam urat ini dapat menyerang siapa saja.

Penyakit Asam Urat

Mengenai penyakit asam urat sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang persendian. Di mana serangan dari asam urat ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan bengkak pada daerah persendian dan sekitarnya yang diserang.

Penyakit ini terjadi akibat adanya penumpukan zat purin di dalam tubuh yang mana hal ini dapat menyebabkan kadar asam urat dalam darah meningkat tinggi. Zat purin sendiri didapatkan dari sejumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, zat purin yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan diolah oleh tubuh menjadi asam urat yang nantinya akan dibuang dalam bentuk urine melalui proses sekresi ginjal.

Penyakit asam urat ini dapat menimbulkan berbagai gejala yang salah satunya adalah rasa nyeri pada daerah sendi dan sekitarnya. Terkadang rasa nyeri yang ditimbulkannya pun amat sangat menyiksa bagi sebagian orang yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan rasa nyeri yang ditimbulkannya dapat menyebabkan si penderita kesulitan untuk beraktivitas secara normal dan bahkan dapat menyebabkannya kesulitan bergerak secara leluasa. Nah, untuk keadaan yang parah mengenai penyakit asam urat ini adalah terjadinya peradangan pada sendi, dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan sendi secara permanen hingga menyebabkan kelumpuhan jika penyakit yang satu ini tidak segera di atasi dengan penanganan yang cepat dan tepat.

Nah, untuk mencegah penyakit yang satu ini terjadi pada Anda. Ada baiknya mulai saat ini jagalah kadar asam urat pada tubuh Anda agar tetap berada pada keadaan normal. Kadar asam urat yang normal pada darah adalah tidak lebih dari 7 mg/dL. 

Cara Mencegah Asam Urat Agar Tidak Meningkat

Nah, untuk membantu Anda yang ingin menjaga kadar asam urat tetap pada keadaan normal, berikut kami berikan beberapa upaya pencegahan agar asam urat dalam darah Anda tidak meningkat tinggi, di antaranya :

  • Hindari Makanan Yang Mengandung Purin Tinggi

Nah, mengenai upaya ini, memang sangat penting dilakukan untuk mencegah kadar asam urat dalam darah meningkat tinggi. Dari yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa kadar asam urat yang meningkat tinggi tejadi akibat dari tingginya zat purin yang masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkannya menumpuk di dalam tubuh. 

Untuk zat purin sendiri merupakan senyawa yang pada umumnya sangat dibutuhkan tubuh sebagai bagian dari pembentukan energi. Namun, zat purin yang dibutuhkan tubuh sebagai senyawa yang berfungsi untuk membantu pembentukan energi ini hanyalah sedikit. Sehingga, jika zat purin yang masuk ke dalam tubuh melebihi kapasitas yang dibutuhkan tubuh, maka hal ini dapat menjadi masalah bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, zat purin yang menumpuk di dalam tubuh terlalu banyak, maka dapat menyebabkan zat purin tersebut sulit untuk dicerna oleh tubuh dan bahkan dapat menjadi zat asam urat berbahaya yang dialirkan oleh darah.

Zat purin ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagi penderita asam urat atau yang pernah mengalami penyakit asam urat, zat purin ini menjadi salah satu zat sangat penting untuk dihindari. Zat purin ini bisa kita temukan pada beberapa makanan dan ikut terakumulasi pada tubuh jika penderita mengkonsumsi makanan tersebut. Jenis-jenis makanan dengan kadar tinggi puri ini antara lain, daging merah, jeroan, makanan laut, beberapa jenis kacang dan lainnya. Nah, jadi sebaiknya bagi Anda atau keluarga Anda yang pernah menderita penyakit asam urat, sebaiknya mulai saat ini hindari atau kurangi sejumlah makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk mencegah kadar asam urat dalam darah meningkat secara drastis. Nah, dari yang diketahui kadar asam urat sangat mudah naik maupun turun pada mereka yang memiliki potensi untuk menderita asam urat.

  • Hindari Mengkonsumsi Minuman Beralkohol Secara Berlebihan


Upaya mencegah asam urat yang kedua ini juga cukup efektif untuk mengurangi risiko asam urat meningkat tinggi. Yup, dari yang diketahu alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki kadar zat purin yang sangat tinggi. Sehingga bagi Anda yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol yang ingin terhindar dari penyakit asam urat, ada baiknya mulai saat ini kurangi pengonsumsian alkohol Anda. Dengan begitu kadar asam urat dalam darah Anda akan tetap terkontrol pada keadaan normal.

Walaupun diketahui Anda tidak memiliki riwayat penyakit asam urat. Namun, pengonsumsian minuman beralkohol secara berlebihan dapat berpotensi meningkatkan Anda terkena penyakit asam urat. Nah, disamping itu alkohol juga diketahui memiliki zat yang berpotensi untuk memicu terjadinya kerusakan organ tubuh seperti ginjal dan lambung. Jika organ ginjal Anda mulai rusak akibat pengonsumsian alkohol secara berlebihan, maka hal ini sangat berpotensi besar menyebabkan kadar asam urat meningkat dan menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ginjal sendiri merupakan organ yang berperan penting dalam proses pembuangan asam urat yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Nah, untuk itu bagi Anda yang tidak ingin mengalami sejumlah gangguan kesehatan tubuh tersebut. Ada baiknya mulai saat ini hindari pengonsumsian alkohol. Jika pun Anda sangat kesulitan untuk berhenti mengkonsumsi alkohol, usahakanlah untuk tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Dengan begitu, hal ini dapat membantu tubuh untuk mengakumulasi zat purin menjadi zat yang bermanfaat bagi tubuh.

  • Memperbanyak Minum Air Putih 


Air putih sendiri diketahu sangat bermanfaat untuk mengatur metabolisme tubuh. Di samping itu, air putih juga dikenal mampu mencegah sejumlah penyakit, salah satunya adalah mencegah terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga dengan begitu tubuh dapat terhindar dari serangan penyakit, termasuk penyakit asam urat.

Untuk pengonsumsian air putih yang sangat baik untuk mencegah penyakit asam urat, Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 10-12 gelas/hari. Bagi penderita asam urat, dengan mengkonsumsi air putih dapat menjadi solusi yang tepat untuk melarutkan kadar asam urat yang menumpuk di dalam tubuh. Di samping itu, dengan mengkonsumsi air putih yang banyak diketahui dapat membantu proses kerja organ ginjal dalam membantu mengeluarkan zat asam urat yang berlebih dalam tubuh melalui urine.

  • Rutin Mengkonsumsi Susu


Mengapa dengan menkonsumsi susu secara rutin dapat menjadi cara alternatif untuk mencegah asam urat? Hal ini dikarenakan penyakit asam urat sendiri merupakan jenis penyakit yang menyerang sendi dan tulang rawan pada sendi. Dalam kondisi yang sudah parah, penyakit asam urat ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada sendi yang dapat berakibat pada kerusakan sendi dan tulang rawan yang diserang. Bahkan kerusakan yang terjadi pun dapat bersifat permanen sehingga risiko menyebabkan kelumpuhan dapat meningkat tinggi. Nah, untuk mengatasinya mengkonsumsi susu secara rutin setiap hari diketahui mampu membantu mencegah terjadinya penyakit asam urat.

Susu sendiri merupakan jenis minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan susu merupakan jenis pangan yang memiliki sejumlah kandungan yang berkhasiat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh, terutama membantu meningkatkan kesehatan tulang. Susu murni diketahui memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, yang mana kandungan ini sangat baik untuk memperbaiki tulang yang bermasalah, terutama tulang rawan. Sejumlah kandungan yang terdapat di dalam susu ini berperan aktif dalam membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Sehingga dengan begitu, tulang tidak akan mudah terserang penyakit dan bahkan dapat terhindar dari serangan osteoporosis.

Di samping kandungan kalsium yang bemanfaat bagi kesehatan tulang, susu juga memiliki sejumlah kandungan lainnya yang tak kalah berkhasiat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh. Beberapa kandungan lain yang dimiliki susu ini di antaranya, lemak, mineral, berbagai macam vitamin, protein, potasium dan yodium yang memiliki peran dalam mengganti omega 3. Di samping itu susu juga memiliki kandungan kalium yang berkhasiat untuk membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan yodium yang dimiliki susu juga berkhasiat untuk membantu meningkatkan fungsi tiroid dan mencegah kadar asam urat meningkat tinggi. Sehingga, jika Anda ingin mecegah kadar asam urat di dalam darah tetap normal, susu bisa menjadi alternatif Anda.

  • Menghindari Kegemukan Atau Obesitas


Selain dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti berbagai penyakit jantung, kolesterol, stroke, dll. Ternyata seseorang yang mengalami obesitas juga memiliki risiko 4x lipat lebih tinggi untuk meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Hal inilah yang menjadi faktor pemicu munculnya gejala asam urat pada usia dini. 

Di samping itu obesitas juga dapat menyebabkan terjadinya penekanan pada bagian sendi kaki. Bukan hanya itu, orang dengan obesitas juga dapat menyebabkan lemak berlebih dalam tubuh juga dapat menyebabkan fungsi ginjal menjadi berkurang. Jika, fungsi ginjal terganggu maka kadar asam urat di dalam tubuh tidak dapat tersaring secara optimal. Sehingga hal ini dapat menyebabkan kadar asam urat yang tidak tersaring berpotensi besar dialirkan oleh ginjal ke bagian tubuh lain dan bahkan hal ini dapat menyebabkan asam urat tersebut menumpuk di daerah persendian. Nah, jadi, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Anda untuk mencegah kadar asam urat meningkat, yaitu dengan menjaga berat badan badan ideal Anda. Dengan begitu kadar asam urat yang tinggi dapat dicegah dengan mudah.

  • Hindari Mengkonsumsi Obat-obatan Yang Berpotensi Meningkatkan Kadar Asam Urat


Nah, dari yang diketahui ternyata kandungan senyawa yang terdapat di dalam obat memiliki potensi yang cukup besar untuk menyebabkan kadar asam urat di dalam darah meningkat. Seseorang yang sedang dalam masa pengobatan, biasanya akan mengkonsumsi obat-obatan setiap hari untuk proses kesembuhannya. Namun, dari yang diketahui terdapat beberapa obat-obatan tertentu yang justru dapat memicu kadar asam urat di dalam darah meningkat. Berikut merupakan beberapa jenis obat-obatan yang diketahui perlu dihindari atau dikurangi penggunaannya, di antaranya :
  • Obat levodopa yaitu jenis obat yang biasa digunakan oleh penderita parkinson.
  • Penggunaan obat niacin, yaitu jenis obat yang digunakan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.
  • Jenis obat anti penolakan seperti cyclosporine yang biasa digunakan setalah transplantasio organ pada beberapa kondisi rematologi.
  • Obat aspirin.
  • Jenis obat diuretik, salah satunya adalah thiazide.

Jika Anda diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama atau rutin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang bersangkutan terkait efek samping penggunaan obat tersebut, apalagi jika sebelumnya Anda diketahui mengalami asam urat.

  • Memperbanyak Mengkonsumsi Vitamin C


Nah, dari yang diketahui makanan yang tinggi vitamin C sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki penyakit asam urat. Dari yang diketahui, vitamin C memiliki peranan yang sangat penting untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh dengan cara mempercepat proses eliminasi pada ginjal. Di samping itu, vitamin C juga diketahui sebagai zat antioksidan yang dapat membantu mengobati peradangan yang terjadi akibat penyakit asam urat. Sehingga tidak heran mengapa orang yang mengalami penyakit asam urat sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak vitamin C. 

Dengan mengkonsumsi vitamin C yang banyak juga diketahui mampu mencegah terjadinya peningkatan kadar asam urat yang tinggi. Yang mana hal ini sangat baik bagi Anda yang ingin mencegah asam urat dalam darah Anda meningkat tinggi. Nah, untuk mendapatkan asupan vitamin C yang banyak Anda bisa mengkonsumsi beberapa sayuran dan buah-buahan yang diketahui kaya akan kandungan vitamin C seperti jeruk, mangga, strawberry, brokoli, paprika, pepaya, dan lain sebagainya.

  • Berolahraga Secara Rutin dan Teratur


Olahraga sendiri dikenal sebagai kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Nah, dengan olahraga secara rutin dan teratur diketahui mampu memberikan kebugaran pada tubuh dan bahkan dapat membantu mencegah berbagai serangan penyakit. Nah, salah satunya dengan olahraga ini dipercaya dapat mencegah meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Berikut merupakan beberapa jenis olahraga yang diketahui dapat mencegah meningkatnya asam urat di dalam tubuh :
  • Berjalan kaki setiap hari. Nah, berjalan kaki juga termasuk ke dalam jenis olahraga kecil. Walaupun demikian, dengan berjalan kaki ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, di antaranya dengan berolahraga setiap hari secara rutin diketahui dapat melancarkan peredaran darah, terutama di pagi hari. Selain itu, dengan berjalan kaki juga diketahui sangat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penyakit asam urat, darah tinggi dan rematik.
  • Peregangan, merupakan jenis olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan, karena dapat dilakukan di rumah. Dengan olahraga peregangan secara rutin setiap hari di pagi dan sore hari, diketahui dapat memberikan efek yang baik untuk mengontrol aliran darah dan mencegah meningkatnya kadar asam urat dalam darah.
  • Bersepeda, dengan olahraga bersepeda diketahui dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menangkal radikal bebas, yang mana hal ini juga berkhasiat untuk membantu penumpukan kadar asam urat dalam darah.
  • Jogging atau lari kecil merupakan jenis olahraga yang sangat baik untuk mencegah penyakit asam urat dan rematik serta membantu menyehatkan jantung. Jenis olahraga ini dapat Anda lakukan di pagi atau sore hari baik dengan berjalan cepat, berlari kecil maupun dengan melakukan senam.
Nah, untuk pencegahan penyakit asam urat Anda dapat melakukan olahraga secara rutin paling tidak 2 kali dalam seminggu. 

  • Konsumsi Makanan Berserat Tinggi


Upaya pencegahan asam urat meningkat dalam tubuh lainnya juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Hal ini dikarenakan, dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi diketahui dapat membantu proses penyerapan kadar asam urat dalam darah dan membuang kelebihannya melalui urine.

Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi juga diketahui dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan membuatnya agar tetap stabil.

Nah, dari yang diketahui makanan berserat tinggi ini merupakan jenis makanan yang tidak dapat diserap oleh tubuh, namun memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya ini adalah membantu melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi secara rutin diketahui dapat membantu menjaga kestabilan kadar asam urat di dalam tubuh dengan cara menyerap asam urat yang terkandung dalam darah dan membuangnya melalui urine ataupun feses. Beberapa jenis makanan berserat tinggi yang dapat Anda konsumsi sebagai solusi untuk mencegah kadar asam urat di dalam darah tinggi yaitu barley, kacang-kacangan, brokoli, mentimun dan lain sebagainya.

  • Konsumsi Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi


Zat antioksidan merupakan salah satu jenis zat yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu kemampuannya yang paling populer adalah membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan senyawa yang paling berbahaya bagi tubuh dan merupakan sumber dari segala penyakit yang terjadi pada tubuh manusia. Radikal bebas dalam jumlah yang sangat tinggi di dalam tubuh akan berpotensi menyebabkan kanker. Selain itu radikal bebas juga diketahui memiliki potensi menyebabkan beberapa organ tubuh tidak berfungsi baik, salah satunya ginjal. 

Nah, ginjal sendiri merupakan organ penting yang berfungsi untuk menyaring asam urat yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh yang nantinya dikeluarkan dalam bentuk urine. Jika, fungsi ginjal terganggu maka hal ini dapat berpotensi besar untuk menyebabkan kadar asam urat di dalam darah menumpuk dan menimbulkan yang namanya penyakit asam urat. 

Nah, untuk mencegahnya, mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Beberapa makanan yang diketahui memiliki kadar antioksidan tinggi yang dapat Anda konsumsi adalah beberapa jenis buah-buahan seperti strawberry, cherry, dan kulit manggis. Nah, selain diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, ternyata buah-buahan ini juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk mencegah asam urat dalam darah meningkat tinggi.

Nah, itu dia beberapa upaya yang dapat Anda lakukan sebagai cara mencegah asam urat meningkat dalam darah dengan mudah. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda, dan terimakasih atas kunjungan Anda sekalian.

Cara Mencegah Asam Urat Meningkat Dalam Darah Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar