Jumat, 28 September 2018

Tips Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Tips Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Urat - Penyakit asam urat sendiri merupakan jenis penyakit yang paling umum terjadi terutama pada mereka yang telah menginjak usia tua. Walayupun demikian, akhir-akhir ini juga penyakit asam urat sering menyerang mereka dengan usia yang lebih muda. Hal ini bisa terjadi karena pola makan mereka yang tidak sehat dan sembarangan.

Penyakit Asam Urat

Dari yang diketahui penyakit asam urat sendiri terjadi karena asupan zat purin dalam tubuh yang terlalu banyak, sehingga menyebabkan kadar asam urat ikut melonjak. Zat purin sendiri dapat kita temukan dari berbagai jenis makanan. Jadi dengan kata lain, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Maka zat purin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan tersebut secara otomatis akan dipecah oleh tubuh menjadi zat yang bernama asam urat. Yang mana jika zat purin yang masuk ke dalam tubuh berlebihan, maka zat asam urat yang dihasilkan pun akan meningkat. Untuk itu, dalam membantu agar asam urat tidak melonjak tinggi diperlukan pola makan yang sehat.

Beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengatur pola makan sehat bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat yaitu dengan membatasi, mengurangi dan bahkan jika diperlukan adalah menghindari makanan yang dapat memicu asam urat melonjak. Makanan tersebut tak lain adalah makanan dengan kadar purin tinggi. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar asam urat berlebih dalam darah Anda, atau makanan yang dapat mengontrol kadar asam urat Anda agar tetap ada pada batasan normal.

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Terdapat beberapa jenis makanan yang diketahui memiliki kadar purin yang tinggi, yang mana makanan ini bisa menjadi ancaman kadar asam urat Anda ikut naik. Di antaranya yaitu :
  • Jeroan seperti hati, jantung, ginjal, dan otak. Nah, dari yang diketahui jenis makanan ini sangat tinggi kadar purinnya sehingga bagi Anda yang suka mengkonsumsi jeroan. Mulai sekarang Anda disarankan untuk membatasi, mengurangi atau bila perlu hindari jenis makanan ini jika Anda ingin terhindar dari serangan asam urat.
  • Makanan laut (seafood) seperti udang, kepiting, kerang dan sebagainya. Sama halnya dengan jeroan jenis seafood ini juga diketahui memiliki kadar purin yang sangat tinggi. Untuk Anda patut mewaspadainya jika tidak ingin kadar asam urat Anda ikut naik.
  • Sayuran seperti jamur, bayam, kacang-kacangan dan kembang kol. Walaupun sayuran dikenal sebagai makanan yang sehat, namun tidak semua sayuran baik untuk penderita asam urat. Hal ini dikarenakan beberapa sayuran seperti yang disebutkan tadi ternyata diketahui memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Untuk itu Anda juga disarankan untuk memilih sayuran dengan kadar purin yang sedang atau rendah.
  • Daging merah seperti daging kambing, sapi dan bebek. Beberapa jenis daging ini juga diketahui mamiliki kadar purin yang tinggi. Untuk itu Anda juga perlu membatasi atau mengurangi asupan daging merah ini. Usahakan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan jika tidak ingin asam urat Anda kambuh.
  • Makanan olahan seperti ikan tuna, ikan sarden dan sebagainya juga diketahui sebagai musuh bagi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan makanan yang telah diolah sedimikian rupa juga diketahui memiliki kandungan zat purin yang sangat tinggi. Sehingga makanan jenis ini sangat perlu untuk dihindari agar kadar asam urat dalam tubuh tetap normal.
  • Minuman keras dan beralkohol, bukan hanya makanan saja yang dikenal memiliki kadar purin yang tinggi. Beberapa jenis minuman juga diketahui memiliki kadar purin yang tinggi, di antaranya yaitu minuman keras dan beralkohol serta minuman yang mengandung gula fruktosa yang tinggi. Nah, untuk mencegah agar asam urat Anda tidak naik maka hindarilah beberapa jenis minuman tersebut.
  • Makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi. Selain dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi juga diketahui menjadi penyebab asam urat meningkat tinggi. Untuk itu ada baiknya bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan atau minuman manis mulai saat ini batasi pengonsumsiannya, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat.
  • Makanan yang mengandung ragi, jenis makanan seperti ini juga diketahui memiliki kadar purin yang sangat tinggi. Jadi untuk mencegah agar kadar asam urat tidak naik, maka batasi mengkonsumsi makanan yang mengandung ragi.

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

Di samping menghindari makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Untuk membantu Anda menurunkan kadar asam urat yang terlanjur melonjak. Kami berikan beberapa informasi makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi pada darah Anda. Beberapa makanan tersebut di antaranya :
  • Sayuran-sayuran hijau seperti brokoli, timun, daun seledri, sawi hijau, daun selada, kubis, dan lain sebagainya.
  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sperti kentang, jagung dan lain sebagainya.
  • Yogurt atau susu rendah lemak dan redah purin yang memiliki kadar protein tinggi.
  • Berbagai macam jenis buah serpeti stroberi, lemon, pisang, apel, alpukat, cheri dan lain sebagainya.
  • Mengkonsumsi ari mineral secara rutin minimal 8-10 gelas/hari.
  • Berbagai jenis biji-bijian utuh, seperti gandum utuh, kacang almond, kacang mede, dll.
Obat Asam Urat Herbal - Nah, di samping menghindari makanan yang tinggi purin dan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat. Anda juga disarankan untuk mengimbanginya dengan pola hidup sehat seperti berolahraga secara rutin dan teratur. Karena dengan olahraga maka proses penyembuhan dan pencegahan penyakit asam urat dapat berjalan lebih baik. Di mana dengan olahraga sendi dan tulang akan menjadi lebih lentur dan tidak kaku untuk digerakan, di samping itu juga dapat menyehatkan kedua bagian tubuh tersebut. Olahraga sendiri dikenal sebagai aktivitas fisik yang sangat amat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan olahraga tubuh akan merasa lebih vit dan bugar serta dapat dengan mudah untuk mencegah serangan penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, asam urat, kolesterol, dan lain sebagainya. Jadi, ada baiknya selain melakukan beberapa tips di atas, mulai saat ini imbangilah dengan olahraga yang rutin dan teratur karena dengan olahraga banyak manfaat yang tak terduga yang bisa kita dapatkan.

Itulah dia beberapa tips pola makan sehat untuk penderita asam urat yang baik untuk dilakukan untuk mencegah dan memproses penyembuhan penyakit asam urat secara alami dan menyeluruh tanpa efek samping yang akan merugikan kesehatan tubuh Anda. Nah, sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih telah menyimaknya sampai akhir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya. :)


Tips Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar