Jumat, 28 September 2018

Tips Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

Tips Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat - Penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit yang sering menyerang area persendian dan tulang. Di mana hal ini sering sekali menyebabkan si penderitanya mengalami kesulitan dalam bergerak secara leluasa dan bahkan dapat menyebabkan sendi atau tulang yang diserang mengalami peradangan. Kondisi ini pun menjadi salah satu penyebab orang yang mengalaminya sering mengeluhkan jika mereka sering merasa kesulitan untuk menjalani aktivitas hariannya dengan bebas. Karena bagian tubuh geraknya terkadang sulit dikontrol atau sulit digerakan.

Nah, dalam mengatasinya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu berbagai masalah yang sering terjadi akibat asam urat yang melonjak naik. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan pola hidup sehat yakni dengan menjalani pola makan yang sehat untuk penderita asam urat dan melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat sendiri dapat terjadi akibat terlalu banyaknya zat purin yang masuk ke dalam tubuh. Zat purin tersebut bisa kita temukan dari sejumlah makanan yang kita makan, seperti jeroan, daging merah, seafood, makanan olahan, beberapa jenis kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, alkohol dan lain sebagainya. Beberapa jenis makanan tersebut diketahui memiliki kandungan zat purin yang sangat tinggi. Zat asam urat sendiri dihasilkan dari sisa metabolisme zat purin yang masuk ke dalam tubuh. Jadi dengan kata lain, jika kadar purin yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, otomatis kadar asam urat yang dihasilkan pun akan ikut meningkat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindari sejumlah makanan tinggi purin yang dapat memicu naiknya zat asam urat dalam tubuh. 

Nah, disamping menghindarinya Anda juga perlu mengimbangingnya dengan olahraga yang rutin secara teratur. Dengan olahraga juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan bahkan juga diketahui dapat membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu dengan olahraga juga diketahui dapat membantu mempemudah metabolisme tubuh untuk mengekskresi asam urat yang nantinya akan dikeluarkan secara alami oleh tubuh.

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

Dari yang diketahui terdapat beberapa jenis olahraga yang diketahui sangat baik untuk dilakukan oleh penderita asam urat. Beberapa jenis olahraga ini diketahui dapat membantu mempermudah sistem ekskresi untuk mengekskresi asam urat dalam tubuh sehingga dengan begitu zat asam urat dalam tubuh yang berlebih dapat dikeluarkan dengan mudah melalui urine. Di samping itu dengan olahraga ini juga diketahui dapat membantu mengatasi berbagai gejala yang sering disebabkan oleh asam urat. Beberapa olahraga yang dianggap sangat baik untuk penderita asam urat ini diantaranya :

  • Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan jenis olahraga yang sangat sederhana dan ringan. Karena dapat dikatakan jalan kaki merupakan aktivitas rutin setiap harinya untuk kita yang sering aktif kesana kemari. Walaupun dikatakan sebagai olahraga yang sangat sederhana, tapi jangan salah, olahraga ini juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di mana dengan berjalan kaki secara rutin dan teratur diketahui dapat membuat tubuh menjadi lebih vit dan bungar. Selain itu dari yang diketahui efek dari jalan kaki juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi, dan bahkan juga dapat bermanfaat bagi penderita osteoporosis, demensia, penyakit jantung dan mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. 

Berjalan kaki 30 menit, sehari dalam seminggu di pagi hari diketahui, sudah dapat memberikan kita manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Di samping itu, juga dapat menambah kapasitas vitamin D di dalam tubuh. Yang mana hal ini sangat baik untuk kesehatan tulang.

  • Bersepeda

Olahraga lainnya yang diketahui sangat baik untuk penderita asam urat yaitu bersepeda. Dengan olahraga bersepeda ini diketahui dapat membantu melatih pergerakan sendi. Jika sendi sering dilatih maka hal ini sangat baik untuk kesehatan sendi itu sendiri. Selain itu dengan bersepeda juga diketahui dapat membantu meringankan asam urat. Olahraga bersepeda ini bisa Anda lakukan minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat luar biasa namun tidak membuat sendi bekerja keras.

  • Berenang

Berenang sendiri dikenal sebagai olahraga air yang banyak digemari oleh anak-anak, dewasa maupun orang tua. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berenang, beberapa di antaranya yaitu membantu meregangkan otot, melancarkan peredaran darah dan bahkan dapat membantu meringankan penyakit asam urat. Di samping bermanfaat, olahraga ini juga tergolong olahraga yang mengasyikan, terlebih bagi anak-anak yang sangat suka bermain air. Asam urat sendiri dikenal sebagai penyakit yang dapat menyebabkan otot sendi menjadi kaku. Jadi, dengan kata lain bagi Anda yang ingin mengatasi masalah asam urat secara alami, berenang bisa menjadi alternatifnya. Dengan berenang diketahui dapat membantu sendi bergerak dengan bebas, dan bahkan gejala asam urat yang sering muncul secara perlahan akan berkurang. Dengan melakukan olahraga renang secara rutin diketahui dapat membantu menghilangkan rasa kaku dan nyeri akibat asam urat secara perlahan. Di samping itu, olahraga air ini juga diketahui sangat bermanfaat untuk organ tubuh terutama jantung dan paru-paru.

  • Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan gerakan-gerakan yang memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi. Walaupun demikian yoga diketahui dapat membantu merileksasikan berbagai bagian tubuh, termasuk otot sendi dan tulang.

Nah, dengan melakukan yoga secara rutin diketahui dapat membuat otot sendi menjadi lebih peka dan aktif sehingga otot sendi pun akan ikut rileks. Yang mana kondisi ini dapat membantu mengurangi nyeri akibat asam urat. Selain itu dengan yoga juga diketahui dapat membantu melancarkan peredaran darah dan meregangkan otot yang kaku. Jadi bagi Anda yang ingin menurunkan kadar asam urat tinggi dengan cepat, Anda bisa menjadikan yoga sebagai solusinya.

  • Senam Ringan

Senam dikenal sebagai olahraga yang cukup banyak digemari terutama oleh para kaum hawa. Yup, mereka menyukai senam karena dengan beberapa gerakan senam diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Yang mana berat badan berlebih merupakan musuh bagi kaum hawa, siapa sih yang gak mau punya tubuh langsing. Setiap wanita sangat menginginkan tubuh yang seperti itu. Namun, jangan salah nih, ternyata selain dapat membantu membakar lemak berlebih dalam tubuh, senam juga diketahui sangat baik untuk penderita asam urat.

Dengan melakukan beberapa gerakan senam ringan saja diketahui sudah dapat membantu meregangkan otot sendi yang kaku akibat asam urat. Nah, khusus bagi Anda yang menderita asam urat, Anda tidak perlu melakukan beberapa gerakan yang dianggap sulit untuk Anda. Karena beberapa gerakan kecil saja diketahui sudah dapat membantu mengatasi otot sendi yang terkena asam urat. Beberapa gerakan senam yang bisa Anda lakukan untuk meregangkan otot sendi juga terbilang sangatlah mudah yaitu hanya dengan melakukan peregangan pada kaki, tangan, dan bagian tubuh lainnya yang sering diserang asam urat. Anda tidak perlu menggerakan tubuh seluruhnya karena dengan gerakan ringan tersebut kekkauan otot sendi pun sudah dapat diatasi dengan baik. Anda bisa melakukan senam ringan kapan saja baik itu di pagi, siang, sore hari atau pun malam menjelang akan tidur.

  • Menari

Walaupun menari ini lebih digolongkan pada seni, tapi yang perlu diketahui dengan menari kita bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di mana menari sendiri merupakan aktivitas yang banyak melakukan pergerakan, baik itu pergerakan sebagian tubuh atau bahkan keseluruhan tubuh. Maka dari itu, menari tergolong ke dalam aktivitas seni yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena menari melibatkan gerakan tubuh, maka tidak heran jika menari menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah gangguan kesehatan tubuh, salah satunya adalah asam urat. Dengan menari banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh beberapa diantaranya yaitu membantu melenturkan tubuh, menguatkan sendi dan otot dan bahkan baik untuk terapi. Selain itu, dengan menari juga diketahui secara perlahan rasa sakit yang terjadi pada sendi akan hilang dan mereda dengan sendirinya. dengan melakukan tarian ringan saja diketahui dapat membantu tubuh untuk mendapatkan kesehatan.

  • Angkat Beban Ringan

Olahraga lainnya yang diketahui efektif untuk membantu menurunkan kadar asam urat yaitu dengan melakukan angkat beban. Anda tidak perlu melakukan angkat beban berat. Karena dengan mengangkat beban ringan saja diketahui sudah cukup untuk membantu mengatasi asam urat. Di mana olahraga yang satu ini diketahui dapat membantu melarutkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah dan membuang kelebihannya secara alami. Yang mana hal ini dapat membantu meringankan asam urat. Dengan melakukan olahraga angkat beban ringan satu atau dua minggu sekali saja diketahui sudah dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk penderita asam urat yang sering kambuh.

Obat Asam Urat Herbal - Nah, olahraga-olahraga di atas merupakan jenis olahraga yang diketahui memiliki manfaat lebih bagi penderita asam urat. Bagi Anda yang ingin mengatasi asam urat yang sedang diderita saat ini, Anda bisa mencoba beberapa jenis olahraga tersebut dan lakukanlah secara rutin untuk membantu mengatasi masalah asam urat yang Anda derita dengan cepat dan alami. Dengan begitu asam urat yang Anda derita bisa diatasi dan dikontrol agar tidak sering kambung. Olahraga tersebut juga tergolong olahraga ringan yang banyak diminati, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi sendi Anda yang sakit. Karena olahraga ini justru dapat membantu meredakan rasa nyeri dan kaku yang terjadi akibat asam urat.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai tips olahraga yang tepat untuk penderita asam urat. Terimakasih telah menyimaknya sampai akhir dan semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Serta terimakasih banyak untuk kunjungannya :)

Tips Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar