Sabtu, 29 September 2018

Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Asam Urat

Faktor Yang Meningkatkan Risiko Asam Urat - Penyakit asam urat sendiri dikenal sebagai penyakit yang cukup menjengkelkan. Bagaimana tidak, ketika penyakit ini menyerang secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa sakit di bagian sendi membuat si penderitanya mulai merasakan kekauan di otot sendinya. Yang mana kondisi ini sering sekali menyebabkan si penderita mengalami kesulitan untuk bergerak secara bebas dan bahkan dapat menyebabkanya tidak bisa melakukan aktivitas sehari-harinya. Sehingga menyebabkan pekerjaan mereka menjadi menumpuk. Dan hal inilah yang kerap kali membuat si penderita merasa jengkel.

Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat sendiri terjadi akibat terlalu banyak zat purin yang masuk ke dalam tubuh. Zat purin sendiri merupakan suatu zat yang menjadi acuan pembentukan zat asam urat di dalam tubuh. Zat asam urat sendiri dihasilkan dari sisa metabolisme dalam tubuh. Walaupun pada dasarnya asam urat memang dibutuhkan oleh tubuh, namun ketika zat asam urat melebihi batan normal yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka lain halnya lagi, ketika zat asam urat dalam tubuh meningkat secara drastis, hal ini malah akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Yang mana kondisi ini menjadi pemicu munculnya penyakit gout atau asam urat. 

Saat kondisi tersebut terjadi, dan kadar asam urat yang tinggi dibiarkan begitu saja, maka zat tersebut lama-kelamaan akan menumpuk di beberapa bagian tubuh terutama di sendi. Di mana jika telah terjadi penumpukan, zat asam urat tersebut akan berubah bentuk menjadi kristal asam urat yang memiliki bentuk yang tajam. Di mana hal inilah yang sering menyebabkan sendi terasa sakit. Saat sendi tubuh digerakan maka secara otomatis kristal tersebut akan menusuk-nusuk sendi tersebut. Jika kondisi ini tidak segera ditangani maka sendi akan mengalami peradangan dan sering menimbulkan sakit jika kondisi ini kambuh kembali. Dan bahkan hal kondisi yang lebih parah bisa saja terjadi seperti terjadinya kerusakan sendi secara permanen, atau bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan. 

Nah, jika kadar asam urat yang menumpuk di ginjal, maka zat asam urat ini dapat membentuk yang namanya batu ginjal. Dan jika tidak segera ditangani dengan penangan yang tepat dan sesuai maka kondisi yang lebih parah dapat terjadi seperti gagal ginjal atau bahkan kematian.

Faktor Pemicu Asam Urat

Obat Asam Urat Herbal - Namun, walaupun demikian apa kalian tahu bahwa penyakit asam urat juga dapat terjadi akibat ada pemicu yang menyebabkan zat asam urat meningkat dalam tubuh??? Yup, dari sejumlah sumber, asumsi dan bahkan penelitian mengenai penyakit asam urat. Ternyata penyakit asam urat juga diketahui dapat terjadi akibat adanya faktor pemicunya, beberapa diantaranya :

  • Usia

Dari beberapa sumber yang telah dipublikasikan diketahui bahwa penyakit asam urat ini lebih rentan menyerang mereka yang telah berusia 45 tahun ke atas. Namun dari sejumlah riset lain, ternyata mereka yang berusia lebih muda juga dapat mengalami penyakit asam urat. Kasus ini bisa terjadi kemungkinan disebabkan akibat pola hidup yang tidak sehat, seperti memiliki pola makan yang tidak sehat atau buruk dan sembarangan, serta kurangnya melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan sendi atau tulang.

Seorang profesor dan ahli sendi yakni Theodore Fields, MD mengatakan bahwa "semakin tua seseorang, risiko menderita asam urat akan semakin besar". Asumsi tersebut dikaitkan dengan usia yang semakin menua, dengan semakin bertambahnya usia diketahui dapat menyebabkan beberapa fungsi organ tubuh pun akan ikut berkurang, salah satunya adalah fungsi ginjal.

Jika fungsi ginjal berkurang atau bermasalah, maka sistem metabolisme tubuh pun akan ikut terganggu. Di mana ketika kondisi ini tejadi, zat sisa seperti racun dan zat sisa metabolisme purin yang biasa disebut asam urat akan meningkat dan menumpuk di dalam tubuh. Sehingga hal ini dapat memicu terjadinya sejumlah penyakit, salah satunya adalah penyakit asam urat. Di samping itu, obat-obatan yang biasa digunakan pun, dengan seiring bertambahnya usia juga dapat menyebabkan risiko terkena asam urat ikut meningkat.

  • Gender/Jenis Kelamin

Sejumlah sumber juga menyebutkan bahwa penyakit asam urat lebih rentan di alami oleh pria dibandingkan dengan wanita. Hal ini dikarenakan wanita memiliki hormon estrogen yang tidak dimiliki oleh pria. Yang mana hormon ini diketahui mampu melindungi tubuh dari asam urat yang meningkat sejak anak-anak. Walaupun demikian, terdapat beberapa riset yang menyebutkan setelah manopause, risiko terkena asam urat akan menjadi sama dengan pria. Karena pada masa tersebut hormon estrogen yang dimiliki wanita akan berkurang dan bahkan menghilang. Sehingga hal ini menyebabkan wanita yang telah manopause dapat memiliki risiko terkena asam urat yang sama dengan pria. Nah, selain itu dari yang diketahui saat penyakit asam urat menyerang di usia muda, maka penyakit ini diketahui dapat berkelanjutan hingga seumur hidup.

  • Kondisi Kesehatan Lainnya

Nah, di samping itu, penyakit asam urat juga diketahui dapat dipicu oleh penyakit lain yang telah diderita sejak awal atau oleh kondisi medis lainnya. Beberapa di antaranya yaitu diabetes, hipertensi, obesitas, sindorm metabolik, penyakit jantung, kolesterol tinggi, leukimia, anemia, sleep apnea, penyakit ginjal, penyakit tiroid, dan tumor ganas.

Dari yang diketahui penderita obesitas memiliki risiko 4 kali lebih besar di banding dengan orang yang memiliki berat badan normal. Selain itu, resistensi insulin dan diabetes juga diketahui dapat memicu terbentuknya asam urat karena kedua kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal.

  • Alkohol

Jenis alkohol seperti bir diketahui memiliki kadar purin yang cukup tinggi, sehingga jika mengkonsumsi jenis alkohol ini secara berlebihan otomatis kadar asam urat dalam tubuh pun akan meningkat. Sehingga Anda pun akan merasakan sengatan nyeri asam urat yang sangat sakit. Nah, untuk itu jika Anda telah diketahui memikiki penyakit asam urat ada baiknya mulailah untuk membatasi atau bahkan menghentikan kebiasaan Anda dalam mengkonsumsi minuman beralkohol.

  • Obat-obatan

Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang diketahui dapat memicu terjadinya penyakit asam urat. Sehingga bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi obat-obatan ada baiknya lebih teliti lagi mengenai manfaat dan efek samping yang mungkin saja dapat ditimbulkan. Beberapa jenis obat-obatan yang diketahui dapat menyebabkan asam urat terjadi adalah jenis obat diuretik, aspirin, ciclosporin, beberapa obat kemoterapi dan obat untuk keperluan transplantasi. Kemungkinan untuk penggunaan obat ini sangat diperlukan untuk suatu kondisi tertentu. Namun untuk mencegah asam urat terjadi, ada baiknya Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter mengenai manfaat dan efek samping untuk kondisi yang sedang Anda alami.

  • Genetika

Nah, selain beberapa faktor luar seperti di atas. Ternyata asam urat juga diketahui dapat disebabkan oleh faktor dalam yaitu karena genetika. Di mana jika dalam keluarga Anda ada yang memiliki riwayat penyakit asam urat. Maka kondisi ini diketahui dapat diturunkan pada saudaranya kandungnya. Untuk memastikan dan untuk pencegahan sejak dini, Anda bisa mengkonsultasikan kondisi Anda pada dokter Anda.

Itulah dia beberapa faktor yang diketahui dapat memicu terjadinya penyakit asam urat pada seseorang. Anda bisa mencegah penyakit asam urat ini dengan cara mengatasi beberapa faktor yang diketahui dapat memicu terjadinya asam urat pada Anda. Dengan begitu Anda dapat melakukan pencegahan sejak dini dan menurunkan risiko terkena asam urat.

Nah, sekian yang dapat saya sampaikan mengenai daktor risiko penyakit asam urat, terimakasih telah menyimaknya sampai akhir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya. :)

Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar