Rabu, 26 September 2018

Pengobatan Asam Urat dengan Medis dan Herbal

Pengobatan Asam Urat dengan Medis dan Herbal - Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Yup, penyakit asam urat merupakan penyakit yang paling umum yang bisa dialami oleh semua orang dan pada kondisi apapun. Baik orang tua, remaja atau orang dewasa muda, dan bahkan ibu hamil dan ibu menyusui juga dapat mengalaminya.

Dengan sering terjadinya kasus asam urat, maka tidak heran jika banyak orang yang sering mengeluhkan nyeri di persendiannya. Hal tersebut merupakan salah satu efek yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.

obat asam urat medis dan herbal

Nah, untuk membantu mengatasi masalah penyakit asam urat ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membantu memberikan solusi pengobatan asam urat yang bisa Anda pilih sebagai alternatif jalan keluarnya. Mengenai pengobatan asam urat sendiri diketahui dapat dilakukan baik secara medis maupun secara tradisional yang lebih praktis. Berikut saya berikan informasi mengenai pengobantan medis dan tradisional asam urat.

Pengobatan Asam Urat Dengan Medis

Dari yang diketahui pengobatan asam urat secara medis dapat dilakukan dengan 3 tahap. Di antaranya adalah :
  • Pemberian obat penghilang rasa sakit atau nyeri, salah satu obat asam urat yang biasa digunakan untuk membantu menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan akibat asam urat ini yaitu cetaminophen (paracetamol) atau jenis obat analgesik lainnya yang lebih kuat tergantung dari diagnosa dokter terhadap rasa sakit yang dialami pasien.
  • Pengobatan untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi akibat efek asam urat yang tinggi. Yang mana pengobatan ini juga dilakukan bersamaan dengan proses berkurangnya rasa sakit yang terjadi. Beberapa obat yang biasa diberikan untuk mengobati peradangan yang terjadi di antaranya yaitu, anti-inflammatory drugs (NSAIDs), kortikosteroid, dan colchicine. Pemberian obat ini bertujuan untuk membantu kondisi tubuh yang sakit berangsur-angsur dapat pulih seperti semula.
  • Pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah yang bersifat jangka panjang dan hanya dilakukan jika peradangan telah mereda. Tahap terakhir dari pengobatan asam urat secara medis ini dilakukan dengan cara meningkatkan pembuangan zat asam urat melalui ginjal yang dikeluarkan bersamaan dengan urine dan mencegah produksi zat asam urat. Biasanya untuk membantu meningkatkan pembuangan urin ini dilakukan dengan cara memberikan beberapa jenis obat seperti probenesid (Benemid) dan Sulfinpyrazone (Anturane). Namun, untuk jenis obat ini diketahui tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita yang memiliki riwayat batu ginjal. Hal ini dikarenakan obat ini dapat mebantu menyebabkan batu ginjal. Nah, sedangkan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, biasanya jenis obat yang diberikan adalah Allopurinol. jenis obat ini diketahui dapat membantu mencegah produksi asam urat dalam tubuh. Namun, dari yang diketahui sayangnya obat ini dapat menimbulkan efke samping pada ginjal dan kerusakan hati. Sehingga obat sejenis Febuxostat dianggap lebih aman untuk penderita penyakit asam urat untuk mencegah produksi asam urat yang berlebih.
Nah, agar pengobatan dapat berjalan dengan baik, Anda juga disarankanuntuk melalukan pemeriksaan kadar asam urat dan tes fungsi hati secara teratus. Sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana efektivitasan pengobatan yang Anda lakukan. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk melakukan diet asam urat. Diet asam urat ini juga dianggap lebih baik untuk menurunkan kadar asam urat darah secara alami tanpa menimbulkan efek samping.

Pengobatan Asam Urat Dengan Herbal - Obat Asam Urat Herbal

Selain dengan pengobatan medis, Anda juga dapat mencobat alternatif lain untuk mengobati asam urat yang Anda derita. Salah satunya adalah dengan melakukan pengobatan herbal yang dilakukan dengan cara memanfaatkan bahan herbal yang diketahui memiliki manfaat yang baik untuk pengobatan asam urat.

Untuk pengobatan asam urat dengan herbal juga diketahui dapat dilakukan dengan beberapa macam obat. Hal ini dikarenakan saking banyaknya bahan herbal yang dapat kita manfaatkan untuk pengobatan asam urat yang sedang diderita. Kemungkinan untuk pengobatan asam urat dengan herbal ini hanya berdasarkan dari pengetahuian, prakter yang didasarkan pada teori, keyakinan dan pengalaman masyarakat secara turun temurun.

Berikut beberapa macam obat herbal yang dianggap efektif dan bermanfaat untuk membantu mengobati asam urat secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.  Di antaranya yaitu :

  • Daun Sirsak

Daun sirsak sendiri telah dikenal sebagai daun yang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Dan bahkan kandungan daun sirsak dalam melawan sel kanker juga dianggap lebih efektif di bandingkan dengan kemoterapi. Di samping berkhasiat untuk melawan sel kanker, ternyata daun sirsak juga diketahui memiliki sejumlah senyawa yang berkhasiat untuk membantu mengobati asam urat secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

Dalam daun sirsak diketahui terdapat kandungan vitamin C dan A yang cukup tinggi. Kedua vitamin ini diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan meringankan nyeri sendi akibat penyakit asam urat. Di samping itu daun sirsak juga diketahui memiliki sejumlah kandungan lain yang dapat memperkuat proses penyembuhan penyakit asam urat. Kandungan tersebut di antaranya yaitu acetogenin, annocatalin, asam gentisic, asam linoleat, annomuricin dan caclourin.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak dalam mengobati asam urat. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut :
  • Siapkan 10-15 lembar daun sirsak yang telah dicuci bersih
  • kemudian rebus daun sirsak tersebut dengan air sampai daun sirsak tersebut terendam semua
  • tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa 2 gelas
  • setelah itu konsumsilah air rebusa daun sirsak tersebut selagi hangat atau dingin.

Untuk mendapatka hasil yang maksimah Anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari secara rutin. Di samping mengkonsumsi ramuan herbal ini, Anda juga disarankan untuk tetap menjaga pola makan sehat Anda, serta patuhilah semua pantangan yang harus dilakukan oleh penderiat asam urat.

  • Jahe

mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan manfaat jahe sebagai tanaman tradisional yang memiliki ragam manfaat ini. Yup, jahe telah dikenal sebagai bahan herbal yang dapat dijadikan sebagai obat sejak zaman dulu. Pada zaman dulu, orang-orang meyakini bahwa kandungan dari jahe memiliki senyawa yang dapat dijadikans sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang biasa mereka alami. Dan hal ini juga telah banyak diperkuat dengan sejumlah penelitian yang telah dilakukan mengenai kandungan jahe dan manfaatnya bagi kesehatan.

Nah, salah satu kemampuan jahe yang telah teungkap adalah dapat membantu mengobati asam urat secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Senyawa alami yang dimiliki jahe diketahui memiliki sifat sebagai anti inflamasi dan analgesik. Yang mana kedua sifat ini sangat baik untuk membantu mengatasi beberapa gejala yang disebabkan oleh penyakit asam urat, di antaranya yaitu rasa nyeri dan peradangan yang tejadi pada sendi. Anda bisa menjadikan jahe sebagai obat asam urat dengan cara menjadikan jahe sebagai bahan untuk membuat minuman sehari-hair yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Daun Salam 

Jenis daun yang satu ini mungkin lebih dikenal sebagai bahan rempah yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma pada hidangan. Yup, walaupun demikian, tapi ternyata daun yang satu ini memiliki manfaat lebih lho selain dijadikan sebagai bahan rempah. Di mana daun salam ini diketahui memiliki sejumlah kandungan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat berbagai macam penyakit. Salah satu kemampuannya ini yaitu dapat membantu mengobati asam urat. 

Beberapa senyawa alami daun salam yang berperan dalam proses penyembuhan penyakit asam urat di anataranya yaitu zat antioksidan yang berupa tanin dan flavonoid. Nah, kandungan ini diketahui mampu membantu proses penyembuhan penyakit asam urat secara alami. Selain itu dari yang diketahui daun salam juga memiliki sifat diuretik yang mana hal ini sangat baik untuk membantu proses penurunan kadar asam urat dalam darah yang sangat tinggi. Kandungan dari asam urat juga diketahui dapat membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan pada sendi yang terjadi akibat asam urat yang menumpuk pada persendian.

Daun salah ini bisa menjadi solusi alternatif herbal yang tepat untuk mengobati asam urat secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Untuk mendapatkan khasianya, Anda hanya perlu mengolah daun salah dengan cara berikut :
  • Siapkan 10 lembar daun salam yang telah dicuci bersih
  • kemudian rebus daun salam tersebut denagn 700 cc air bersih dan tambahkan 1/2 batang sereh
  • tunggu hingga mendidih sampai airnya tersisa 200 cc
  • setelah itu minumlah air rebusan daun salam tersebut selagi hangat untuk mengobati penyakit asam urat yang Anda derita
Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukanlah pengobatan herbal ini secara rutin setiapa hari. Selain itu imbangi dengan pola makan sehat dan jauhi makanan yang dapat memicu kadar asam urat naik secara signifikan.

Nah, itu dia beberapa cara pengobatan asam urat yang dapat dilakukan secara medis dan herbal yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan terimakasih untuk kunjungannya.

Pengobatan Asam Urat dengan Medis dan Herbal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar