Kamis, 27 September 2018

Langkah Mudah Menuju Bebas Asam Urat

Langkah Mudah Menuju Bebas Asam Urat - Asam urat sendiri merupakan senyawa turunan dari purina yang memiliki rumus C5H4N4O3 yang merupakan hasil sisa metabiolisme zat purin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita makan. Asam urat memang dibutuhkan tubuh sebagai pelindung lapisan pembuluh darah. Namun, jika jumlah kadar yang terdapat dalam tubuh melebihi batas norma hal dapat berdampak pada yang namanya penyakit asam urat atau gout. 

Kelebihan zat asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan zat tersebut menumpuk di berbagai bagian tubuh, salah satunya di sekitar persendian. Sehingga tidak heran jika ada orang yang memiliki kadar asam urat yang tinggi mengeluhkan rasa sakit di area persendiannya. Hal ini dikarenakan zat asam urat yang menumpuk di daerah persendian telah berubah menjadi kristal tajam asam urat yang mana jika sendi digerakan maka kristal tersebut akan menusuk-nusuk sendi disekitarnya. Nah, untuk Anda yang ingin terhindar dari serangan asam urat, ada baiknya mulai saat ini kontrol agar kadar asam urat Anda tidak meningkat secara signifikan dan pastikan asam urat Anda tetap berada pada batasan normal.

Langkah Mudah Terhindar Dari Asam Urat Tinggi

Nah, untuk membatu Anda yang ingin mengatasi dan menghindari serangan asam urat. Berikut kami berikan langkah mudah untuk terhindar dari asam urat tinggi :

  • Pantau Terus Kadar Asam Urat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan memantau kadar asam urat dalam darah Anda. Untuk cara pengecekannya sendiri diketahui bahwa saat ini telah hadir alat cek asam urat yang dapat dipakai sendiri di rumah. Bentuknya hampir mirip dengan alat pengecek gula darah yang biasa digunakan untuk memantau kadar gula darah di rumah.

Dengan memantau kadar asam urat Anda, maka Anda dapat dengan mudah untuk mengatur kembali kadar asam urat Anda, jika sewaktu-waktu kadar asam urat Anda meningkat. Dengan begitu kadar asam urat Anda dapat terkontrol. Kadar asam urat yang normal adalah di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan di bawah 7 mg/dL untuk laki-laki.

  • Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk terhindar dari asam urat tinggi yaitu dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Dari yang diketahui berolahraga secara teratur dan rutin setidaknya 30 menit selama 5 hari seminggu, dapat membantu mengendalikan gejala asam urat yang sering muncul. Dengan olahraga juga diketahui dapat membantu membuat sendi-sendi terlatih dengan baik, sehingga bisa mencegah nyeri sendi yang kerap menyerang orang dengan asam urat.

  • Jaga Berat Badan Agar Tidak berlebihan Dengan Diet Yang Tepat

Nah, dari yang diketahui obesitas juga menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang yang namanya penyakit asam urat. Bahkan risikonya juga diketahui lebih tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal.

Untuk membantu menjaga berat badan agar tetap berada pada batasan normal, Anda disarankan untuk memilih sumber karbohidrat kompleks untuk menu diet Anda. Selain itu, perbanyak konsumsi buah, sayura dan gandum utuh. Serta hindari makanan yang tinggi purin, kue manis, permen, minuman manis dan produk yang mengandung gula fruktosa lainnya. Dan kurangi lemak jenuh yang terdapat dalam daging merah, unggas yang berlemak dan produk susu yang mengandung lemak tinggi.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk memilih sumber protein harian dari daging tanpa lemak, ikan, dan unggas, sekitar 2-3 potong perhari. Anda juga bisa menambahkan produk susu rendah lemak dan yogurt sebagai sumber protein Anda.

  • Kurangi Asupan Makanan Tinggi Purin

Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa purin merupakan zat yang diketahui sebagai sumber terbentuknya asam urat. Jadi, jika zat purin yang masuk ke dalam tubuh terlalu tinggi, maka zat asam urat dalam tubuh pun otomatis akan meningkat.

Untuk itu agar kadar asam ura Anda tetap pada batasan normal, maka dari itu Anda disarankan untuk mengurangi atau bahkan hindari makan yang mengandung tinggi purin seperti daging merah, jeroan, seafood, jamur dan produk fermentasi. Walaupun makanan ini memang dikenal sebagai sumber protein tingi. Namun, jika Anda pengidap asam urat tinggi, makanini penting untuk dihindari dan dibatasi. Sebagai gantinya Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang rendah seperti susu, putih telur, ikan dan sebagainya. 

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sendiri dikenal sebagai sumber kesehatan yang bisa dijadikan acuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dari yang diketahui dengan banyak mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas/hari dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Salah satu keistimewaan air putih ini yaitu dapat membantu mengatasi asam urat yang tinggi dalam tubuh dan mencegah penumpukan asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dengan banyak mengkonsumsi air putih diketahui dapat mmebantu mengankut zat gizi dan zat lainnya yang sudah tidak terpakai oleh tubuh. Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi air putih yang banyak dapat mmebantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba langkah ini. Di samping dapat membantu mengatasi masalah asam urat, air putih juga dapat membantu merawat kesehatan kulit lho. Selain itu, penggunaan air putih juga sangatlah aman.

  • Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

dari yang diketahui makanan yang berserat tinggi dapat membantu proses penyerapan asam urat yang ada dalam aliran darah. Nah, jika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi serat maka kadar asam urat berlebih pada tubuh Anda dapat dihilangkan dengan mudah melalui ginjal. Makanan yang berserat tinggi bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis buah-buahan, sayuan dan biji-bijian.

  • Hindari Asupan Kafein dan Alkohol

Langkah berikutnya agar terhindar dari naiknya kadar asam urat dalam darah adalah dengan menghindari asupan alkohol dan kafein seperti kopi, teh, minuman bersoda dan alkohol. Dari yang diketahui asupan kafein dan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan eksresi asam urat dari aliran darah terhambat karena terbentuknya ikatan kimiawi. Oleh karena ini agar ekskresi asam urat pada aliran darah lancar, maka Anda harus menghindari pengonsumsian makanan atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol secara berlebihan.

  • Perbanyak Mengkonsumsi Vitamin C

Dari sejumlah penelitian mengenai manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh diketahui bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan asam urat yang tinggi dengan cara membantu proses ekskresinya. Di samping itu, bvitamin c juga diketahui dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi, dan baik untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan cara mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C yang tinggi. Atau Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C yang telah berlegalitas resmi agar keamananya dapat terjamin.

  • Kurangi Asupan Gula

Gula sendiri diketahui dapat mengganggu ekskresi asam urat dalam tubuh. Di samping itu dari sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa dalam 300 ml porsi minuman manis, diketahui dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh hingga mencapai 13%. Maka untuk itu, jika Anda ingin kadar asam urat dalam tubuh Anda tetap normal, batasi asupan makanan yang tinggi gula, guna mencegah naiknya kadar asam urat dalam darah Anda. 

  • Mengandalkan Beberapa Bahan Herbal

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga bisa mengandalkan beberapa bahan herbal yang diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi masalah asam urat yang tinggi. Beberapa bahan herbal tersebut yaitu :

Cuka sari apel

Obat Asam Urat Herbal - Dari yang diketahui cuka sari apel memiliki kandunagn asam asetat yang dapat mengubah alkali dalam tubuh menjadi lingkungan basa. Lingkungan basa diketahui dapat membantu memecah kristal asam urat dan mencegh kekambuhan dengan membantu melancarkan sirkulasi darah. Di samping itu, cuka sari apel juga diketahui dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada sendi. Dengan begitu Anda dapat lebih leluasa kembali dalam bergerak.

Jahe

Jahe sendiri dikenal sebagai bahan herbal yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat untuk membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi akibat asam urat. Di samping itu, jahe juga memiliki sifat analegesi yaitu suatu sifat yang dapat membatu meredakan rasa nyeri pada sendi akibat peradangan yang terjadi akibat efek dari asam urat yang tinggi.

Lemon

salah satu jenis buah ini diketahui memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Di mana vitamin C sendiri diketahui dapat membantu meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Di samping itu, lemon juga diketahui menyediakan kalium yang dapat berfungsi untuk menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar pH darah dan urine agar sedikit basa. Dengan seimbangnya kadar pH dan fungsi ginjal diketahui dapat membantui mencegah pembentukan kristal asam urat.

Seledri

Bahan herbal lainnya yang dapat di andalkan adalah seledri. Dari yang diketahui seledri mengandung banyak komponen bermanfaat seperti glikosida, apiol dan flavonoid yang dapat membantu mengurangi nyeri di persendian akibat asam urat. Di samping itu, kandungan seledri juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Nah, itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari asam urat tinggi. Sekian yang dapat saya sampiakan, terimakasih telah menyimak ulasan ini sampai akhir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya.

Langkah Mudah Menuju Bebas Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar