Sabtu, 19 Januari 2019

Awas!!! 4 Buah Ini Picu Asam Urat

Awas!!! 4 Buah Ini Picu Asam Urat - Buah-buahan dikenal sebagai jenis pangan yang memiliki khasiat baik bagi tubuh. Dan bahkan banyak ahli kesehatan yang menganjurkan kita untuk mengkonsumsinya. Akan tetapi, Anda juga perlu mewaspadainya. Karena tidak semua buah-buahan bisa kamu makan seenaknya, terutama bagi penderita asam urat. Nah, dari yang diketahui ada beberapa jenis buah yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut dapat memicu terjadinya peningkatkan asam urat di dalam tubuh.

Asam urat sendiri dikenal sebagai penyakit yang terjadi akibat di picu oleh tingginya kadar purin yang masuk ke dalam tubuh. Yup, pada dasarnya zat asam urat merupakan senyawa alami yang dihasilkan oleh tubuh. Namun, zat asam urat juga diketahui dapat dihasilkan dari sejumlah makanan yang memiliki kadar purin yang sangat tinggi. Di mana zat purin yang masuk ke dalam tubuh secara alami akan diolah oleh tubuh menjadi zat asam urat. Nah, jika kadar purin yang masuk ke dalam tubuh berlebihan. Maka secara otomatis zat asam urat pun akan meningkat.

Jika kadar asam urat yang berlebih tersebut tidak segera dikeluarkan dari tubuh, maka kondisi ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya yaitu penyakit asam urat, peradangan dan nyeri sendi, batu ginjal dan bahkan gagal ginjal.


Nah, jika Anda ingin terhindar dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Ada baiknya Anda batasi atau bahkan jika bisa hindari beberapa buah berikut ini jika ingin terbebas dari penyakit asam urat!!!

Awas!!! 4 Buah Ini Picu Asam Urat

  • Nangka

Nangka sendiri merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Namun yang perlu Anda ketahui ternyata buah yang satu ini mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi nangka, maka secara otomatis dapat membuat kadar asam urat di dalam tubuh menjadi meningkat yang bisa berlanjut ke penumpukkan krista asam urat di sela-sela persendian. 

Bahkan buah nangka juga diketahui dapat menganggu kinerja ginjal karena tingginya kadar purin yang dimilikinya yang kemudian tidak bisa diolah atau dikeluarkan melalui saluran urine. Akibatnya terjadilah penumpukkan asam urat di dalam ginjal dan bahkan dapat menyebabkan batu ginjal hingga gagal ginjal. Untuk itu, ada baiknya batasi atau hindari mengkonsumsi buah nangka jika Anda ingin terhindar dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Awas!!! 4 Buah Ini Picu Asam Urat

  • Durian

Terlalu banyak mengkonsumsi durian juga diketahui dapat memicu terjadinya peningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan durian dikenal memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi dan hal ini tidak baik untuk penderita asam urat. Nah, ketika kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda meningkat, maka secara otomatis hal ini juga dapat memicu kadar asam urat meningkat tinggi. Jika kadar asam urat dan kolesterol tinggi, maka kedua kondisi ini bisa menimbulkan sejumlah komplikasi dan membahayakan kesehatan tubuh.

Awas!!! 4 Buah Ini Picu Asam Urat

  • Nanas

Nanas dikenal sebagai jenis buah yang dapat berubah saat di konsumsi. Di mana ketika masuk ke dalam sistem pencernaan buah nanas tersebut akan terfermentasi dan berubah menjadi alkohol. 

Alkohol sendiri diketahui sebagai salah satu jenis pemicu yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Dan mampu membuat penyakit asam urat yang diderita kambuh kembali. Yang mana hal ini akan memberikan dampak buruk pada penderita asam urat. Untuk mencegah kondisi tersebut terjadi, maka dari itu ada baiknya batasi atau hindari mengkonsumsi buah nanas.

Awas!!! 4 Buah Ini Picu Asam Urat

  • Rambutan

Buah rambutan sendiri diketahui memiliki kadar gula yang tinggi. Di mana kadar gulanya tersebut juga memiliki sifat alkoholik. Jika buah rambuta sudah terlalu matang maka hal ini dapat membuat gula dalam rambutan berubah menjadi alkohol dan hal ini tidak baik untuk penderita asam urat. Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi buah rambutan maka secara otomatis hal ini dapat memicu kadar asam urat dalam tubuh Anda meningkat. Nah, untuk membantu mencegah kondisi tersebut terjadi sebaiknya mulai saat ini batasi mengkonsumsi buah rambutan yang sudah terlalu matang.

Nah, itulah dia beberapa buah yang perlu sobat waspadai jika tidak ingin terserang penyakit asam urat. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Ok, langsung aja klik di sini!!!

Ok sobat, sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Awas!!! 4 Buah Ini Picu Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar