Senin, 28 Januari 2019

Dampak Buruk Asam Urat Yang Tidak Diobati

Dampak Buruk Asam Urat Yang Tidak Diobati - Kalian mungkin sudah mengenal yang namanya penyakit asam urat kan??? Yup, penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang umum dialam oleh sejumlah orang yang ada di dunia ini. Penyakit ini tergolong ke dalam penyakit yang bersifat kronis atau jangka panjang dan juga bersifat kambuhan. Nah, untuk mengatasi masalah asam urat ini, maka perawatan atau pengobatan asam urat sangatlah penting untuk mencegah asam urat kembali menyerang. Lalu apa dampak yang akan terjadi jika asam urat tidak diobati??? Nah, dari yang diketahui ada banyak efek buruk bagi tubuh jika asam urat yang dialami tidak segera mendapatkan perawatan atau pengobatan dengan tepat.

Dampak Buruk Asam Urat Yang Tidak Diobati

Yup, penyakit asam urat sendiri merupakan jenis penyakit peradangan yang sangat umum dialami oleh kebanyakan orang. Kondisi ini dapat terjadi akibat sejumlah faktor salah satunya adalah akibat pola hidup yang tidak sehat. Penyebab utama dari penyakit asam urat sendiri adalah terlalu banyak kadar asam urat di dalam tubuh. Asam urat sendiri merupakan salah satu jenis zat yang dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang dapat dikatakan mencukupi kebutuhan tubuh. Walau demikian, zat asam urat juga bisa dihasilkan dari sejumlah makanan tinggi purin yang masuk ke dalam tubuh. 

Nah, penyebab kadar asam urat dalam tubuh meningkat adalah zat purin yang masuk ke dalam tubuh berlebihan. Di mana purin sendiri merupakan senyawa yang jika masuk ke dalam tubuh akan diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Sehingga secara otomatis jika kadar purin yang masuk ke dalam tubuh, maka asam urat dalam tubuh pun akan meningkat.

Sebagian besar asam urat tersebut kemudian akan disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urine dan tinja. Namun, jika kadar asam urat dalam tubuh berlebih, ginjal tidak akan mampu untuk mengeluarkannya. Sehingga hal inilah yang menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh menumpuk dan menempel pada sela-sela sendi tubuh. Apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan terjadinya pembentukan kristal asam urat dalam tubuh. Nah, kristal asam urat inilah yang menjadi penyebab terjadiya peradangan dan menimbulkan rasa nyeri pada daerah sendi dan area disekitarnya.

Efek Negatif Dari Asam Urat Yang Tidak Diobati

Jika kristal asam urat tersebut terus dibiarkan begitu saja dan tidak diobati, maka kondisi tersebut akan semakin memperparah kondisi kesehatan tubuh dan bahkan dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan organ tubuh lainnya. Berikut ini adalah sejumlah bahaya asam urat yang tidak diobati.

  • Terbentuknya Tophi

Dampak negatif pertama yang dapat terjadi jika asam urat tidak diobati adalah terbentuknya tophi. Apa itu tophi??? Tophi sendiri dikenal sebagai benjolan kecil berwarna putih atau kuning yang terbentuk akibat kristal asam urat yang menumpuk di bawah kulit. Biasanya tophi sering muncul di bagian ibu jari kaki, siku, lengan, telinga, jari tangan, lutut, tumit, atau sepanjang punggung pergelangan kaki.

Benjolan tophi ini umumnya tidak menimbulkan nyeri. Namun, jika asam urat kambuh kembali, tophi tersebut bisa meradangn dan membengkak hingga menimbulkan rasa sakit yang cukup menyakitkan. Selain itu, tophi juga diketahui dapat membentuk cairan seperti pasta hingga membuat si penderitanya mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

  • Kurang Tidur

Kebanyakan kasus serangan asam urat sering kali terjadi pada malam hari. Nah, kondisi ini seringkali menyebabkan si penderitanya terbangun di malam hari akibat rasa nyeri yang terjadi akibat serangan asam urat yang tiba-tiba. Rasa nyeri yang muncul pun dapat terus menerus terjadi hingga bisa membuat si penderitanya mengalami gangguan tidur.

  • Kerusakan Sendi

Jika asam urat yang dialami tidak diobati dan terus diabaikan, maka kondisi ini akan terus berlanjut dan juga bisa sering kambuh. Nah, akibatnya asam urat tersebut akan terus berulang kali menyerang sendi yang pada akhirnya akan menyebabkan risiko terjadinya kerusakan sendi secara permanen pun akan meningkat. Jika kondisi tersebut telah terjadi, kondisi pergerakan sendi pun dapat terganggu dan bahkan lama kelamaan jika terus dibiarkan dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan.

  • Diabetes

Kondisi lain yang dapat dialami oleh asam urat yang tidak diobati adalah diabetes. Dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Eswar Krishnan yaitu seorang asisten profesor dari Stanford University, California, menyatakan bahwa kandungan asam urat yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan risiko diabetes sebesar 20% dan memicu gagal ginjal sebesar 40%.

  • Jantung Koroner

Asam urat yang tinggi juga diketahui sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh nadi koroner atau arteri oleh kristal-kristal asam urat yang dibawa oleh darah. Dari hasil sebuah penelitian mempublikasikan pada The Journal of Rheumatology pada tahun 2013 di Inggris menyebutkan bahwa penderita asam urat memiliki peluang dua kali lebih besar terserang jantung koroner daripada mereka yang memiliki kondisi normal.

  • Batu Ginjal

Tidak hanya menumpuk dan menempel di sela-sela sendi. Kadar asam urat yang berlebih juga diketahui dapat menumpuk pada bagian ginjal. Yang mana asam urat tersebut dapat membentuk kristal asam urat di ginjal dan membentuk yang namanya batu ginjal. Kondisi ini diketahui dapat bersifat serius, mengingat ginjal sendiri merupakan organ penting bagi tubuh. Ginjal sendiri berfungsi untuk menyaring zat-zat berbahaya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk urine. Nah, jika batu ginjal tersebut terbentuk di ginjal, maka kondisi ini dapat menyebabkan fungsi ginjal terganggu. Di mana sistem ginjal akan terhambat dan menyebabkan zat berbahaya yang seharusnya disaring dan dikeluarkan akan menetap di dalam tubuh. Yang mana hal ini akan sangat berbahaya bagi tubuh jika terus diabaikan dan dibiarakan begitu saja.

  • Gagal Ginjal

Tidak hanya dapat menimbulkan batu ginjal, ternyata penyakit asam urat yang tidak diobati juga dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Yup, kondisi ini dapat terjadi jika batu ginjal yang terjadi akibat asam urat tidak ditangani, maka kondisi tersebut dapat mengganggu sistem kerja ginjal. Nah, lama kelamaan jika kondisi tersebut diabaikan maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri terjadi akibat ginjal gagal menjalankan fungsinya dengan normal dan menyebabkan racun dalam tubuh yang seharusnya dikeluarkan malah menumpuk di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat terjadi akibat aliran darah menuju ginjal pun terhambat akibat batu ginjal yang terjadi. Nah, kondisi ini dikenal sangat berbahaya jika tidak segera diobati dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

  • Gangguan Psikologis

Sejumlah kondisi yang terjadi akibat asam urat, seperti kurang tidur, kesulitan menjalankan aktivitas dengan normal, hingga menimbulkan cacat permanen dan penyakit lainnya dapat menyebabkan si penderita merasa lelah, stres, perubahan suasana hati atau depresi pada penderitanya. 

Ok sobat, itulah dia beberapa dampak buruk yang dapat terjadi jika asam urat tidak diobati. Jadi jangan pernah anggap asam urat sebagai masalah sepele. Perhatikan kondisi asam urat yang di derita ya guys. Hal ini agar kondisi buruk yang telah dipaparkan tidak terjadi pada Anda. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Ok, langsung aja klik di sini!!! ya guys :)

Dampak Buruk Asam Urat Yang Tidak Diobati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar