Sabtu, 26 Januari 2019

Awas Keliru!!! Ternyata Asam Urat dan Rematik Berbeda Loh!!! -

Awas Keliru!!! Ternyata Asam Urat dan Rematik Berbeda Loh!!! - Tak jarang orang sering menganggap bahwa rematik merupakan penyakit asam urat. Namun, sebenarnya asam urat dan rematik merupakan dua penyakit yang berbeda. Apa itu perbedaanya??? Ok, langsung disimak aja ya guys ulasan lengkapnya berikut ini!!!

Karena rematik dan asam urat sendiri memiliki gejala yang sama seperti nyeri dan peradangan sendi. Maka tidak heran juga jika kedua penyakit ini sering dianggap sebagai penyakit yang sama. Namun pada kenyataanya kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang berbeda. Rematik dan asam urat memang tergolong ke dalam penyakit radang sendi. Namun kedua penyakit ini terjadi karena sebab yang sangat berbeda jauh.

Awas Keliru!!! Ternyata Asam Urat dan Rematik Berbeda Loh!!! -

Perbedaan Asam Urat dan Rematik

Ada sejumlah hal yang dapat membedakan antara asam urat dan rematik, di antaranya yaitu penyebab, lokasi, gejala dan pengobatannya. Berikut merupakan rinciana lengkapnya.

  • Penyebab Asam Urat dan Rematik

Peradangan sendi akibat asam urat terjadi karena disebabkan oleh kadar asam urat berlebih yang menumpuk di dalam tubuh terutama di bagin sela-sela persendian. Penumpukan kadar asam urat yang dibiarkan begitu saja dapat membentuk kristal asam urat tajam yang dapat menusuk sendi disekitarnya. Nah, kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan dan rasa nyeri yang sering muncul pada sendi. Kadar asam urat yang berlebih dan menumpuk tersebut biasanya sering disebabkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi purin seperti jeroan, daging merah dan makanan laut.


Sedangkan peradangan yang disebabkan oleh rematik atau juga dikenal dengan rhematoid arthritis ini terjadi karena disebabkan akibat autoimun. Di mana sistem imun tubuh yang dimiliki mengalami gangguan dan justru malah menyerang jaringan persendian yang masih berada dalam kondisi yang sehat. Sehingga kondisi ini seringkali menyebabkan sendi-sendi menjadi kaku dan meradang serta menimbulkan rasa sakit. Dan bahkan serang yang terjadi dapat merusak sendi secara permanen jika dibiarkan tanpa perawatan.

Baca juga : Obat Rematik Herbal

  • Lokasi Peradangan Asam Urat dan Rematik

Lokasi persendian yang diserang pun umumnya berbeda. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa nyeri sendi yang terjadi akibat asam urat lebih dominan menyerang salah satu persendian dalam satu waktu dan cenderung lebih sering menyerang kaki, terutama sendi pada jempol kaki. Sedangkan rematik lebih cenderung menyerang bagian tubuh mana saja, termasuk tangan. Bahkan rematik juga dapat menyerang beberapa persendian dalam satu waktu.

  • Perbedaan Gejala Asam Urat dan Rematik

Gejala nyeri yang biasa umum terjadi akibat asam urat dan rematik pun cukup berbeda. Biasanya nyeri akibat asam urat akan muncul secara mendadak dan dirasakan pada jempol kaki atau persendian kaki. Nyeri yang dirasakanpun biasanya hanya terjadi pada satu kaki atau keduanya. 

Sedangkan nyeri yang terjadi akibat rematik cenderung terjadi di kedua sisi tubuh, yang akan diikuti dengan kekakuan sendi. Bahkan nyeri yang diraskan pun dapat disertai dengan pembengkakan, kemerahan dan jika diraba terasa panas di bagian yang nyeri. Walaupun demikian gejala tersebut juga diketahui dapat terjadi pada penderita asam urat.

  • Pengobatan Asam Urat dan Rematik

Mengenai pengobatannya pun diketahui berbeda. Untuk penderita asam urat, pengobatan yang diberikan biasanya berupa obat-obatan seperti colchicine, obat antiinflamasi nonsteroid, dan kotikosteroid. Nah, untuk menjaga kadar asam urat tidak terlalu tinggi, dokter biasanya akan membeirkan obat penurunn asam urat seperti allopurinol da menyarankan pasien untuk membatasi asupan yang kaya purin dan alkohol.

Sedangkan untuk rematik, pengobatan yang diberikan hanya sebatas untuk meredakan gejala yang terjadi. Biasanya dokter akan memberikan sejumlah obat-obatan untuk dikonsumsi secara teratur. Obat-obatan yang biasa diberikan di antaranya yaitu antirematik, antinyeri dan kortikosteroid. Dari yang diketahui obat-obatan ini perli disesuaikan dengan tingkat keparahan dari rematik yang diderita oleh pasien.

Ok sobat, itulah dia beberepa perbedaan antara asam urat dan rematik. Nah, sekarang kalian sudah mengetahui perbedaannya kan, jadi ingat jangan sampai keliru lagi ya!!! :)

Ok sekian yang dapat disampaikan untuk ulasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Awas Keliru!!! Ternyata Asam Urat dan Rematik Berbeda Loh!!! - Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar