Sabtu, 19 Januari 2019

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

Makanan Pemicu Asam Urat Naik - Makanan menjadi salah satu hal yang menggiurkan, akan tetapi tahukah Anda bahwa tidak semua makanan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Yup, terlebih lagi jika Anda menderita asam urat. Ada sejumlah makanan yang perlu Anda waspadai agar kadar asam urat dalam darah Anda tetap normal.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

Penyakit asam urat, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan nama penyakit yang satu ini. Yup, penyakit merupakan salah satu penyakit yang sangat umum di kalangan masyarakan dunia terlebih lagi di Indonesia. Asam urat sendiri dikenal sebagai zat turunan purin yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kendati demikian, kadar asam urat yang dibutuhkan tubuh hanya berkisar antara 3.6 mg/dL - 8.3 mg/dL. Jadi, jika kadar asam urat dalam darah Anda melebihi batas tersebut, maka kondisi tersebut dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Di mana jika terjadi penumpukan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh, sejumlah gangguan kesehatan bisa saja terjadi. Beberapa di antaranya munculnya rasa nyeri atau peradangan pada persendian akibat kadar asam urat yang menumpuk dan mengeras di sela-sela sendi. Bahkan dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal, jika kadar asam urat menumpuk di area ginjal. Rasa nyeri yang di timbulkannya pun terkadang dapat terasa sangat menyakitkan hingga menyebabkan bagian tubuh yang diserang menjadi kaku dan sulit digerakan.


Nah, untuk mencegah semua kondisi tersebut ada baiknya mulai saat ini pertimbangkan sejumlah makanan yang masuk pada tubuh Anda, dan batasi atau bila perlu hindari sejumlah makanan berikut ini, karena dapat memicu kadar asam urat meningkat.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Daging

Yup, siapa sih yang gak tahan kalau disuguhi daging yang lezat. Hampir kebanyakan orang pasti menyukai yang namanya daging kan terutama jika disuguhi dengan daging merah. Namun sobat perlu tahu nih, kalau daging ternyata sumber protein yang mengandung kadar purin tinggi terutama daging kambing dan jenis daging merah lainya. Jadi, bagi Anda penderita asam urat disarangkan untuk mambatasi atau menghindari asupan daging yang satu ini. Karena kadar purinnya yang tinggi tersebut dapat memicu kadar asam urat Anda naik kembali, dan menyebabkan kambuhnya penyakit asam urat yang dapat menimbulkan peradangan pada sendi Anda.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Sayur Bayam

Sayur bayam memang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak, namun tidak bagi penderita asam urat. Yup, hal ini dikarenakan sayur bayam diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi, yang mana hal ini dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Untuk mencegah asam urat tidak kambuh, ada baiknya batasi atau hindari mengkonsumsi sayur bayang yang terlalu banyak.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Durian

Buah yang dikenal dengan aroma menggiurkannya ini juga sering disarankan untuk tidak dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita asam urat. Dan jika diperlukan penderita asam urat harus menghindarinya. Hal ini dikarenakan durian dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi, di mana hal ini akan memicu kadar kolesterol jahat meningkat. Jika kadar kolesterol dalam darah Anda meningkat hal ini juga akan memicu kadar asam urat ikut meningkat. Nah, untuk mencegah kondisi tersebut terjadi, bagi Anda yang suka durian disarankan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak cukup satu atau dua biji saja atau bisa menghindarinya agar kadar asam urat Anda tetap normal.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Masakan Bersantan

Makanan dengan kuah santan sendiri memang sangat lezat. Namun, disamping kelezatannya tersebut makanan bersantan juga tinggi akan lemak yang dapat menyebabkan kolesterol dan asam urat meningkat.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Makanan Olahan

Yup, makanan yang diolah dengan cara dipanggang, dibakar atau digoreng diketahui menjadi musuh berat bagi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung purin dan air yang sangat tidak seimbang. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh menjadi melonjak naik. Nah, umunya tubuh sangat membutuhkan air untuk melarutkan dan menetralkan makanan yang dikonsumsi. Sehingga lemak, kolesterol dan racun lainnya yang terdapat dalam tubuh dapat dibakar dan dikeluarkan melalui keringat ataupun urine.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Seafood

Bukan hanya makanan olahan saja yang perlu penderita asam urat waspadai. Sejumlah makanan laut atau seafood juga perlu sobat hindari. Walaupun terlihat lezat dan dikenal kaya akan protein dan omega 3, namun seafood juga dikenal sebagai jenis makan dengan kadar kolesterol dan purin yang tinggi dan tidak baik untuk penderita asam urat. Oleh sebab itu, penderita asam urat dianjurkan untuk bisa menahan selera makan seafoodnya untuk menghindari kambuhnya penyakit asam urat yang diderita.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Jamur

walau dikenal kaya akan vitamin A, B6, B12, zat besi, kalium dan serat yang baik untuk tubuh. Namun, dibalik itu semua jamur juga diketahui memiliki kandungan puring yang sangat tinggi. Sehingga jamur juga sering kali tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena dapat menyebabkan kadar asam uratnya kembali meningkat dan penyakitnya kambuh lagi, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Kacang-kacangan

Olahan kacang-kacangan sendiri sering menjadi menu baik untuk diet sehari-hari. Bahkan kandungan lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan juga dikenal dapat menyehatkan tubuh. Namun, dibalik itu semua, mengkonsumsi kacang-kacangan diketahui dapat meningkatkan jumlah purin di dalam tubuh yang dapat berdampak negatif pada penderita asam urat. Sehingga penderita seringkali dianjurkan untuk membatasi atau menghindarinya.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik

  • Es Krim

Siapa sih yang gak suka dengan salah satu makanan penutup yang satu ini. Yup, hampir semua orang pasti menyukainya karena rasanya yang nikmat dan dapat memberikan sensasi menyenangkan saat memakannya. Selain itu es krim juga dikenal baik untuk tubuh, karena kebanyakan es krim terbuat dari susu yang notabenenya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, dibalik itu semua susu juga dikenal memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, yang mana hal ini akan mempengaruhi kesehatan penderita asam urat. Sehingga es krim juga sering dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Nah, jika Anda ingin terhindar dari penyakit asam urat atau tidak ingin menyebabkan penyakit asam urat Anda kambuh lagi. Sebaiknya aturlah pola makan Anda dan batasi atau hindari sejumlah makanan yang telah diketahui dapat menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh Anda meningkat. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya??? Ok, langsung aja klik di sini!!! :)

Ok sobat, itulah dia sedikit ulasan mengenai makanan yang dapat memicu kadar asam urat meningkat tinggi yang perlu Anda perhatikan jika ingin terhindar dari penyakit asam urat. Sekian yang dapat disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian dan terimakasih atas kunjungannya.

Makanan Pemicu Asam Urat Naik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar