Sabtu, 26 Januari 2019

Cara Mengendalikan Asam Urat Dengan Mudah

Cara Mengendalikan Asam Urat Dengan Mudah - Penyakit asam urat sendiri merupakan jenis penyakit jangka panjang dan kambuhan. Maka dengan kata lain asam urat bisa kambuh jika ada faktor pemicunya. Nah, untuk mencegah kondisi tersebut terjadi, ada baiknya hindari sejumlah faktor yang dapat memicu terjadinya peningkatkan asam urat yang bisa membuat penyakit asam urat kambuh kembali. Di samping itu, cobalah untuk melakukan beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk mengendalikan asam urat. Nah, untuk membantu Anda dalam mengendalikan asam urat, berikut ini ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengatasinya. Ok langsung disimak aja ya guys ulasan lengkapnya!!!!

Cara Mengendalikan Asam Urat Dengan Mudah

Yup, asam urat dikenal sebagai penyakit kambuhan. Di mana penyakit asam urat akan terus menyerang jika kita tidak bisa mengendalikan kadar asam urat dalam darah. Ada sejumlah faktor yang dapat memicu penyakit asam urat, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi purin.

Asam urat juga dikenal sebagai salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara total. Namun, gejala dari asam urat bisa kita kendalikan. Ada sejumlah cara yang bisa membantu Anda untuk mengendalikan gejala asam urat yang mudah untuk dilakukan. Nah, yang paling utama untuk membantu mengendalikan asam urat adalah dengan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat dan baik lagi. Dari yang diketahui perubagan gaya hidup ini cukup efektif untuk membantu mengendalikan gejala dari asa urat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengendalikan asam urat yang terjadi. Di antaranya :

  • Memantau Kadar Asam Urat Setiap Saat

Nah, hal pertama yang bisa sobat lakukan untuk mengendalikan kadar asam urat adalah dengan memantau kadar asam urat secara rutin. Cara ini dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih cepat jika kadar asam urat dalam tubuh Anda meningkat. Sehingga dengan begitu penanganan yang biasa dilakukan untuk menurunkannya pun dapat dilakukan sedini mungkin sebelum gejala dari asam urat muncul atau lebih parah lagi. 

Untuk memantau kadar asam urat juga dikenal sangat mudah. Karena saat ini ada banyak alat cek asam urat yang sudah bisa dipakai sendiri oleh Anda. Sehingga Anda tidak perlu pergi ke dokter untuk mengeceknya. Nah, hal ini akan mempermudah Anda untuk selalu melakukan pengecekan dan memantau kadar asam urat dalam darah Anda. Kadar asam urat yang normal adalah di bawah 6mg/dL untuk perempuan dan di bawah 7 mg/dL untuk pria.

  • Olahraga Dengan Teratur

Yup, kalian juga pasti sudah mengetahui manfaat olahraga bagi kesehatan. Di samping dapat memberikan kebugaran pada tubuh, dengan olahraga secara teratur kita pun dapat terhindar dari sejumlah penyakit yang bahkan mengerikan untuk dialami. Nah, salah satu manfaat dari olahraga teratur ini adalah membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Dengan begitu, gejala yang biasa muncul akibat asam urat yang tinggi pun dapat dengan mudah untuk dikendalikan. 

Pada saat kita berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Nah, tanpa kita sadari ternyata keringat yang keluar tersebut menjadi salah satu proses pembuangan zat yang tak diperlukan oleh tubuh secara alami. Salah satunya adalah mengeluarkan zat asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Bahkan dengan berolahraga sendi-sendi pun dapat terlatih dengan baik, sehingga dapat terhindar dari nyeri sendi yang kerap kali menyerang orang dengan asam urat. Anda bisa menerapkan olahraga untuk mengendalikan gejala asam urat ini dengan melakukannya secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam smeinggu.

  • Menjaga Berat Badan

Salah satu faktor pemicu asam urat meningkat adalah kondisi berat badan yang berlebih atau obesitas. Maka secara otomatis untuk menghindari kambuhnya asam urat, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi berat badan berlebih dan menjaganya agar tetap stabil.

Anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks dalam diet Anda untuk menjaga berat badan normal Anda. Di samping itu, usahakan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah, sayuran, dan gandum utuh. Dan hal yang perlu Anda lakukan adalah menghindari makanan seperti kue manis, permen, minuman manis dan produk yang mengandung gula fruktosa tinggi.

Selain itu, Anda juga sangat dianjurkan untuk mengurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas yang berlemak, dan produk susu yang mengandung tinggi lemak. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih sumber protein harian dari daging tanpa lemak, ikan unggas sekitar 2-3 potong perhari, dan Anda juga bisa menambahkan produk susu rendah lemak atau yogurt.

Di samping itu, hindarilah makanan dan minuman yang tinggi purin seperti seafood, daging merah, makanan-makanan manis, alkohol dan jeroan.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Ada banyak manfaat dari meminum air putih. Yup, kalian tahu sendiri bahwa tubuh sangat memerlukan asupan cairan yang cukup atau tepat untuk melakukan aktivitas seharian agar terhindar dari dehidrasi. Di samping itu, ternya minum air putih juga sangat baik untuk penderita asam urat.

Nah, dengan minum air minimal 8 gelas sehari diketahui dapat membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang dudah tidak digunakan oleh tubuh. Beberepa ahli pun percaya bahwa minum air putih akan ikut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Selain air putih, buah yang mengandung banyak air juga diketahui bisa menjadi salah satu cara untuk memperlancar pengeluaran asam urat.

  • Obat Asam Urat Dari Dokter

Di samping beberapa cara di atas yang perlu sobat lakukan, mengkonsumsi obat dari dokter juga bisa membantu Anda untuk mengendalikan gejala dari asam urat. Biasanya dokter akan meresepkan obat asam urat yang sesuai dengan gejala yang Anda alami. Untuk itu, mengkonsumsinya menjadi hal yang perlu Anda patuhi.

Anda disarankan untuk mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan secara teratur. 

  • Mengandalakan Obat Herbal

Selain mengkonsumsi obat dari dokter, Anda juga bisa mengandalkan sejumlah obat herbal yang telah terbukti khasiatnya dalam mengatasi asam urat. Ada banyak obat herbal yang bisa sobat coba untuk mengendalikan gejala asam urat yang sering dirasakan.


Beberapa obat herbal yang bisa sobat Andalkan untuk mengendalikan asam urat ini di antaranya yaitu :

» Jahe

Anda juga mungkin sudah tidak asing lagi dengan rempah berkhasiat yang satu ini. Yup, jahe kerap sekali dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah penyakit secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping, salah satunya adalah asam urat. Jahe sendiri diketahui memiliki senaywa yang dapat berperan sebagai zat anti-inflamasi yang dapat mencegat terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat yang terjadi. Sejumlah senyawa dari jahe yang berperan sebagai anti-inflamasi di antaranya yaitu gingerols dan shogaol.

» Lemon

Lemon sendiri dikenal sebagai jenis buah yang menyimpan kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin C sendiri dikenal sebagai senyawa yang memiliki kemampuan untuk membantu meredakan rasa sakit akibat asam urat. Di samping itu, lemon juga mengandung kalium yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan kaliumnya sendiri diketahui berkhasiat untuk membantu menjaga fungsi ginjal serta membantu menjaga kadar pH darah dan urin sedikit basa.

Nah, jika kadar pH dan fungsi ginjal seimbang, maka hal ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Salah satu caranya mudah, peras lemon ke dalam segelas air hangat dan minumlah di pagi hari.

» Cuka Apel

Cuka apel telah sangat populer sebagai obat herbal karena kemampuannya yang dapat meredakan peradangan dan mencegah penumpukkan asam urat di sendi. Bahkan sari cuka apel juga diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Yang mana hal ini juga akan sangat baik bagi Anda penderita asam urat yang memiliki berat badan berlebih. Jika berat badan turun, maka kadar asam urat yang berlebih dalam tubuh pun akan dapat dengan mudah untuk turun dan terkendali.

Nah, guys itulah dia beberapa cara mengendalikan asam urat yang dapat sobat lakukan. Sekian yang dapat disampaikan, selamat mencoba!!! :) Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Cara Mengendalikan Asam Urat Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar