Sabtu, 02 Februari 2019

Siapa Bilang Asam Urat Hanya Menyerang Lansia???

Siapa Bilang Asam Urat Hanya Menyerang Lansia??? - Nah, guys banyak yang bilang kalau asam urat merupakan penyakit orang tua atau lansia. Namun, pada kenyataannya ternyata asam urat juga dapat menyerang orang yang lebih muda loh. Lah kok bisa??? Tentu saja bisa guys, hal ini dikarenakan di zaman sekarang ini banyak di antara kita yang sering mengabaikan kesehatan tubuh. Memiliki gaya hidup yang tidak sehat bisa menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam kondisi kesehatan kita. Nah, salah satu gangguan kesehatan yang sering dan umum terjadi di masyarakat kita ini adalah penyakit asam urat.

Siapa Bilang Asam Urat Hanya Menyerang Lansia???

Asam Urat Di Usia Muda

Penyakit asam urat sendiri terjadi karena terlalu tingginya kadar asam urat dalam darah sehingga dapat menimbulkan sejumlah gejala seperti sendi terasa nyeri, kaku, panas, memerah dan bengkak. Ada banyak hal dan faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga kondisi medis lainnya. Bahkan penyakit asam urat juga dapat dipicu oleh hal sepele sekalipun seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Nah, purin sendiri merupakan zat bentukan yang jika masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi asam urat. Sehingga secara otomatis, jika kadar purin yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak maka kadar asam urat pun akan ikut meningkat.

Nah, guys, karena penyakit asam urat ini sering dikaitkan dengan orang tua atau sering disebut dengan penyakit orang tua. Maka tidak mengherankan juga jika kondisi ini sering diabaikan oleh mereka yang masih berusia muda. Padahal kenyataannya penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja baik orang tua atau pun remaja dan orang dewasa muda. Pada umumnya asam urat memang lebih rentan di alami oleh orang tua yang telah lanjut usia. Nah, kebanyakan kondisi ini terjadi karena fungsi dari sebagian organ tubuh yang bertugas untuk menetralkan atau mengeluarkan asam urat berlebih menjadi lemah. Namun, kebanyakan kasus asam urat yang terjadi pada remaja dan orang dewasa muda sering terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Terlalu sembarangan dalam mengkonsumsi makanan tanpa mengkhawatirkan dampak apa yang bisa terjadi pada tubuh menjadi faktor utama yang umum ditemukan di kehidupan sekarang.

Faktor yang dapat memicu terjadinya asam urat pada remaja hampir sama dengan faktor yang sering terjadi pada lansia. Hanya saja kondisi asam urat pada remaja atau orang dewasa muda sering kali diperparah karena mereka sering menyepelekan kondisi tersebut, yang mana hal ini menyebabkannya terlambat untuk menyadarinya. Dari kebanyakan kasus asam urat pada usia muda seringkali disebabkan oleh terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat purin yang tinggi. Pada saat zat purin masuk ke dalam tubuh, secara otomatis tubuh pun akan menghasilkan asam urat. Dan jika jumlahnya berlebih maka kadar asam urat pun juga akan ikut berlebih dan menumpuk dalam tubuh. Banyaknya kadar asam urat di dalam tubuh diketahui dapat menyebabkan ginjal juga sulit mengeluarkannya. Sehingga hal ini juga bisa menjadi faktor lain yang dapat menyebabkan asam urat menumpuk dalam tubuh.

Makanan dan Minuman Pemicu Asam Urat Meningkat

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu kadar asam urat meningkat di dalam tubuh, di antaranya yaitu :

Siapa Bilang Asam Urat Hanya Menyerang Lansia???

  • Soda dan Minuman Beralkohol

Dari yang diketahui minuman yang mengandung soda dan alkohol menjadi salah satu pemicu asam urat meningkat yang cukup umum. Pemanis yang terkanung dalam soda diketahui dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan banyak purin, sehingga secara otomatis hal ini juga dapat menyebabkan kadar asam urat menjadi meningkat.

Siapa Bilang Asam Urat Hanya Menyerang Lansia???

  • Sayuran Tertentu

Ternyata tidak semua sayuran baik untuk penderita asam urat. Yup, hal ini dikarenakan sejumlah sayuran tertentu mengandung zat purin yang sangat tinggi. Sehingga penderita asam urat harus menghindari atau membatasi pengonsumsiannya. Adapun sayuran hijau yang mengandung kadar purin yang tinggi di antaranya yaitu kembang kol, bayam, jamur, asparagus.

Siapa Bilang Asam Urat Hanya Menyerang Lansia???

  • Daging Hewan

Walaupun mengandung protein tinggi yang dibutuhkan tubuh. Tenyata sejumlah daging hewan terutam daging merah juga diketahui mengandung purin yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran jika sejumlah daging hewan menjadi musuh terberat bagi penderita asam urat. Walaupun demikian bagi Anda yang suka dengan daging, sobat masih bisa mengkonsumsinya asalkan masih dalam batasan yang normal dan tidak berlebihan. Nah, beberapa daging hewan yang perlu dibatasi atau dihindari pengonsumsiannya adalah daging sapi, kambing, ayam, unggas, dan makanan laut.

Namun di samping itu, kondisi asam urat juga diketahui dapat terjadi akibat faktor genetik. Di mana jika seseorang memiliki riwayat keluarga dengan asam urat, maka hal ini diketahui dapat meningkatkan risikonya untuk mengalami hal yang sama.

Ok sobat, sekian pembahasan mengenai penyakit asam urat yang menyerang remaja atau orang dewasa muda. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Siapa Bilang Asam Urat Hanya Menyerang Lansia??? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar