Kamis, 27 September 2018

Bahan Makanan Yang Dapat Menurunkan Asam Urat Tinggi

Bahan Makanan Yang Dapat Menurunkan Asam Urat Tinggi - Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang mungkin bagi sebagian orang sangat amat menjengkelkan. Mengapa tidak, hal ini dikarenakan ketika asam urat menyerang maka tidak sedikit orang mengeluhkan rasa sakit yang teramat pada bagian sendinya jika digerakan. Yang mana hal ini sering sekali membuatnya tidak dapat bergerak secara leluasa atau bahkan membuatnya tidak dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Apa itu asam urat???

Mengenai asam urat sendiri merupakan suatu senyawa yang terbentuk dari zat sisa metabolisme zat purin yang masuk ke dalam tubuh. Pada dasarnya zat asam urat sendiri memang baik untuk tubuh, namun jika kadar asam urat yang terdapat dalam tubuh melampaui batas normal yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka lain halnya dengan fungsinya, jika kadar asam urat dalam tubuh normal, maka kadar asam urat ini akan bermanfaat baik untuk tubuh, namun sebaliknya jika kadar asam urat ini lebih dari batasan normal yang dibutuhkan tubuh, maka hal ini dapat berujung munculnya penyakit, yakni penyakit yang orang awam biasa menyebutnya dengan penyakit asam urat atau encok.

Penyakit asam urat sendiri terjadi akibat adanya penumpukan asam urat dalam tubuh. Yang mana kondisi ini diketahui dapat menimbulkan berbagai macam gejala seperti rasa sakit dan peradangan yang terjadi di persendian. Dan bahkan jika terus dibiarkan tanpa ada pengobatan, lama kelamaan kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sendi secara permanen atau bahkan sampai dapat menyebabkan kelumpuhan.

Makanan Penurun Asam Urat Terbaik

Nah, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat. Yang mana kondisi ini sering sekali menyebabkan kadar asam urat Anda terus meningkat dan sulit dikontrol. Berikut kami berikan beberapa saran bahan makanan yang bisa Anda andalkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat Anda secara alami dengan aman tanpa efek samping. Beberapa bahan makanan tersebut di antaranya :

  • Daun Seledri

Salah satu jenis bahan makanan yang sering dijadikan sebagai pelengkap cita rasa masakan ini, ternyata bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi lho. Hal ini dikarenakan daun seledri memiliki senyawa utama yang sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah asam urat baik itu untuk membantu meringankan gejala yang terjadi akibat asam urat atau bahkan membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Nah, senyawa utama yang dimiliki daun seledri di antaranya adalah chlorine, asam lemak, sulfur, potassium, asam folat, inositol, esensial, mangan, seng, selenium, vit. B dan A. Semua senyawa ini diketahui memiliki kemampuan untuk menekan risiko penyakit asam urat secara efektif. Di samping itu, senyawa yang dimiliki seledri juga diketahui dapat membantu mengoptimalkan kinerja ginjal untuk mengeluarkan asam urat dalam darah. Selain itu, seledri juga dikenal sebagai bahan herbal yang ampuh untuk membantu melawan infeksi asam urat yang terjadi di persendian.

  • Tomat

Keberadaan status tomat yang dianggap sebagai buah atau sayur masih dipertanyakan sampai saat ini, dan belum dapat dipastikan tapatnya. Namun, walaupun demikian, tomat si buah yang memiliki banyak warna seperti merah, hijau orange dan sebagainya ini diketahui memiliki sejumlah senyawa yang sangat baik dan berkhasiat untuk tubuh. Beberapa senyawa tomat yang sangat populer di antaranya adalah karbohidrat, zat besi, protein, kalium, fosfor, serat dan berbagai jenis vitamin. Selain dapat dimanfaat untuk bahan olahan makanan, tomat juga diketahui dapat dijadikan sebagai obat herbal lho. Mengapa demikian??? Hal ini dikarenakan senyawa yang dimiliki tomat diketahui mampu membantu mengatasi sejumlah penyakit yang bersarang dalam tubuh. Salah satunya adalah membantu mengatasi penyakit asam urat. 

Senyawa yang dimiliki tomat dipercaya dapat membantu meluruhkan kristalisasi asam urat pada persendian. Yang mana kristal asam urat ini merupakan faktor utama yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan yang terjadi pada sendi. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin diketahui dapat membantu mencegah peradanagn sendi dan risiko asam urat lainnya. Untuk mendapatkan manfaat dari tomat sebagai obat asam urat, Anda bisa memanfaatkannya dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus, sup, dan campuran bahan makanan lainnya.

  • Timun

Salah satu jenis sayuran ini juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Timun sendiri diketahui sebagai sayuran yang memiliki kadar purin yang cukup rendah dan merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat yang tinggi. Di mana keunggulan dari timun ini dipercaya dapat membantu menurunkan asam urat yang tinggi dalam darah. Di samping itu, timun juga diketahui memiliki sifat diuretik yang dapat merangsang ginjal untuk menghasilkan banyak urine, sehingga dengan begitu kadar asam urat berlebih dalam darah dapat dibantu dikeluarkan bersamaan dengan urin. Dengan sifat yang dimiliki kandungan dari timun juga diketahui dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Yang mana hal ini sangat efektif untuk mencegah komplikasi dari asam urat yang tinggi. Nah, dengan kemampuan inilah yang membuat timun diketahui dapat membantu mengobati penyakit asam urat secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh.

  • Jagung dan Kentang

Kedua jenis makanan ini diketahui sebagai sumber karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kentang dan jagung juga diketahui memiliki kandunga yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Senyawa yang terkandung di dalam jagung memiliki kemampuan dalam membantu menurunkan dan membersihkan asamurat yang menumpuk di sela-sela sendi. Sedangkan senyawa atau kandungan yang dimiliki kentang diketahui dapat membantu memecah asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh dengan mudah secara alami.

  • Wortel

Jenis sayuran yang dikenal akan kemampuannya yang dapat memberikan manfaat lebih bagi kesehatan mata ini, ternyata juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar asam urat tinggi dalam darah. Wortel diketahui memiliki beberapa senyawa yang sangat baik untuk mengobati asam urat di antaranya yaitu vitamin K, folat, magnesium, dan serat. Dengan sejumlah senyawa ini wortel diketahui memiliki kemampuan dalam membantu mencegah peradangan dan mengurangi nyeri pada sendi akibat penumpukan asam urat pada persendian. Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

  • Brokoli

Hampir sama halnya dengan timun, di mana jenis sayuran ini juga diketahui kaya akan serat dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Dengan kandungan tersebut brokoli juga dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan asam urat yang tinggi. Makanan yang tinggi serat diketahui dapat membantu menyerap kadar asam urat yang tinggi dalam darah. yang mana nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh secara alami. Dengan kata lain bagi Anda yang ingin menurunkan kadar asam urat tinggi Anda secara alami. Brokoli bisa Anda andalkan sebagai solusinya.

  • Pisang

Jenis buah yang dikenal sebagai buah yang digemari oleh hewan primata ini dan merupakan jenis buah yang paling umum ditemukan hampir di setiap daerah di Indonesia ini, ternyata memiliki banyak manfaat lho. Yup, buah pisang ini diketahui memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa kandungan penting yang dimiliki buah pisang ini diantaranya yaitu kalium yang tinggi, rendah gula, dan kadar alkali yang tinggi.

Dari yang diketahui ketiga kandungan ini dikenal sebagai kandungan yang berkhasiat untuk menurunkan asam urat tinggi. Selain itu zat kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan sumber kalium tertinggi diantara seluruh biah yang ada. Zat kaluim sendiri diketahui mampu menyerap kadar asam urat dan membuangnya melalui urine.

  • Apel

Apel juga diketahui sebagai jenis buah yang dapat diandalkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini dikarenakan apel diketahui memiliki senyawa yang bernama asam malat. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk membantu menetralkan asam urat dalam tubuh. Selain itu senyawa asam malat ini juga diketahui dapat membantu membuang asam urat melalui urine di dalam tubuh. Untuk mendapatkan kemampuan kandungan yang dimiliki apel, Anda bisa memanfaatkan apel sebagai cemilan buah harian Anda dengan cara mengkonsumsinya langsung atau diolah menjadi minuman dan makanan lainnya.

  • Alpukat

Buah lain yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan asam urat adalah alpukat. Buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sifat basa dalam tubuh. Yang mana hal ini sangat baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Di samping itu, senyawa lain yang dimiliki alpukat juga diketahui mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Nah, jadi bagi Anda yang ingin menurunkan kadar asam urat sekaligus ingin menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda. Buah alpukat bisa menjadi solusi alternatifnya. Anda bisa memanfaatkan buah alpukan ini sebagai cemilan harian Anda dengan cara dikonsumsi langsung atau dijadikan jus dan salad buah.

  • Susu Rendah Lemak

Dari yang diketahui dengan mengkonsumsi susu rendah lemak dapat membantu menunkan kadar asam urat tinggi dalam darah. Di samping itu kadar purin pada susu rendah lemak diketahui sangatla rendah sehingga cocok bagi Anda yang ingin mengkonsumsi susu dan bagi Anda yang tidak bisa mengkonsumsi produk unggas. Susu Kambing Murni

Obat Asam Urat Herbal - Itu dia beberapa makanan yang diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu proses menurunkan kadar asam yang tinggi pada darah. Makanan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menurunkan kadar asam urat sering melonjak tinggi. Nah, di samping mengkonsumsi makanan tersebut, Anda juga disarankan untuk tetap menjalani pola makan sehat yang dianjurkan agar kadar asam urat Anda tetap ada pada batasan normal.

Nah, sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih telah menyimaknya sampai akhir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda dan terimakasih banyak untuk kunjungannya :)

Bahan Makanan Yang Dapat Menurunkan Asam Urat Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar