Sabtu, 26 Januari 2019

3 Minuman dan 7 Makanan Penurun Asam Urat

3 Minuman dan 7 Makanan Penurun Asam Urat - Banyak para ahli menganjurkan bahwa penderita asam urat harus lebih bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan tidak semua makanan atau minuman baik untuk penderita asam urat.

Asam urat sendiri diketahui sebagai penyakit kambuhan yang dapat terjadi karena sejumlah faktor pemicu. Nah, salah satu faktor pemicunya tersebut adalah sejumlah makanan yang mengandung kadar puri tinggi. Makanan tersebut dikenal sebagai pantangan yang harus dipatuhi oleh penderita asam urat. Namun, di samping menghindari makanan pemicu asam urat. Penderita asam urat juga diketahui dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat yang berlebih di dalamnya.

Kadar asam urat yang tinggi dalam aliran darah diketahui menjadi hal yang mengerikan bagi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan ketika asam urat dalam darah sangat tinggi, kondisi ini akan dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada sendi dan menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu. Bahkan rasa nyeri yang muncul pun terkadang akan sangat menyakitkan dan membuat tubuh menjadi kaku dan sulit untuk digerakan secara leluasa. Nah, untuk mencegah agar asam urat dalam tubuh tidak meningkat, maka sangat penting untuk memperhatikan pola makan baik dan konsumsi obat yang tepat.

Di samping itu, Anda juga disarankan untuk mematuhi sejumlah pantangan dari asam urat. Seperti menghindari makanan yang dapat memicu kadar asam urat naik salah satunya sejumlah makanan yang mengandung tinggi purin. Nah, jika kadar asam urat Anda meningkat Anda bisa mengkonsumsi sejumlah makanan atau minuman yang dikenal sangat baik untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan cepat.


3 Minuman dan 7 Makanan Penurun Asam Urat

Minuman dan Makanan Penurun Asam Urat

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang diketahui mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah turun dengan cepat. Di antaranya yaitu :

  • Air Putih

Manfaat dari air putih bagi tubuh diketahui sangatlah banyak. Nah, salah satu nya adalah membantu mengeluarkan dan menetralkan zat asam urat yang berlebih dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, maka tubuh pun akan dapat dibersihkan dari sejumlah zat dan racun yang berbahaya bagi tubuh termasuk asam urat dan kolesterol yang merupakan bibit penyakit di dalam tubuh. Setidaknya untuk membantu agar tubuh tetap bersih dari zat berbahaya seperti asam urat, konsumsilah air putih minimal 8 gelas perhari. Racun dan radikal bebas termasuk asam urat yang berlebih akan dapat dengan mudah dikeluarkan dengan air melalui urine dan juga keringat.

  • Teh Hijau

Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, Anda juga bisa memanfaatkan teh hijau sebagai alternatif untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam  tubuh. Teh hijau sendiri diketahui memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi sejumlah racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Sama halnya dengan air putih teh hijau juga mampu membantu mengeluarkan zat asam urat dalam darah melalui urine dan keringat yang dikeluarkan oleh tubuh.

  • Susu Rendah Lemak

Anda mungkin sudah mengetahui mengenai manfaat susu bagi kesehatan. Yup, susu sendiri dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun di samping itu, susu juga dikenal memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Namun, yang perlu diingat khusus bagi penderita asam urat, susu yang baik untuk dikonsumsi adalah susu dengan kadar lemak yang rendah. Susu rendah lemak ini juga bisa menjadi penggantu protein hewani seperti unggas. Yang mana hal ini sangat baik untuk penderita asam urat yang tidak bisa mengkonsumsi daging unggas.

  • Ceri

Buah ceri, biasanya buah ini banyak kita temukan pada hiasan kue. Yup, ada berbagai jenis kue yang memanfaatkan buah ceri ini sebagai hiasan. Hal ini dikarenakan buah yang satu ini memiliki bentuk dan warna yang cantik sehingga sangat manis untuk dijadikan hiasan kue dan sejumlah makanan lainnya. Namun, kendati demikian, ternyata buah ceri juga memiliki senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, dari yang diketahui ceri mengandung zat yang berperan sebagai antiperadangan bernama anthocyanis. Zat tersebut diketahui sangat baik untuk membantu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh.

Dengan kandungannya tersebut, ceri juga diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah akumulasi asam urat atau pengendapan asam urat di persendian. Bahkan kandungan dari ceri juga dapat membantu menentralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan rasa sakit yang sering terjadi akibat penyakit asam urat.

Dengan mengkonsumsinya 200 gram perhari diketahui dapat membantu Anda menurunkan kadar asam urat yang berlebih di dalam aliran darah Anda dan mencegah muncunlanya gejala dari asam urat.

  • Makanan Kaya Serat

Makanan dengan serat yang tinggi seringkali dianjurkan oleh para ahli untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan serat yang terkandung dalam makanan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di mana serat yang tinggi diketahui sangat efektif untuk membantu mempermudah penyerapan gizi dan nutrisi yang ada di dalam tubuh sehingga bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Selain itu, serat yang tinggi juga diketahui mampu menyerap kadar asam urat dan kolesterol dalam darah serta membuangnya melalui urine dengan proses penyaringan di dalam ginjal.

Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan tinggi serat untuk membantu menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Sejumlah makanan tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat di antaranya yaitu brokoli, oats, kale, seledri, sawi, wortel, tomat dan kubis.

  • Apel

Apel juga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk penderita asam urat. Di dalam buah apel sendiri terkandung zat yang bernama asam malat. Nah, kandungan asam malat ini diketahui memiliki fungsi untuk menetralkan asam urat dalam tubuh dan membuangnya melalui urine. Untuk memanfaatkan apel sebagai alternatif untuk menurunkan asam urat sangatlah mudah yakni hanya dengan mengkonsumsi 1 buah apel utuh setiap harinya, dengan begitu kadar asam urat dalam tubuh Anda akan tetap terkontrol.

  • Alpukat

Buah yang satu ini dikenal kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, kandungan yang dimiliki buah apel juga dikenal sangat baik untuk penderita asam urat. Di mana alpukat diketahui memiliki senyawa yang dapat meningkatkan sifat basa pada tubuh, sehingga sacara otomatis senyawa tersebut juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat yang ada dalam tubuh.

  • Pisang

Yup, manfaat pisang sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Karena sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa pisang memiliki kandunan gizi dan nutrisi yang sangat baik kesehatan tubuh. Salah satu kebaikan dari buah pisang adalah membantu menurunkan kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh secara alami dan cepat. Pisang sendiri dikenal dengan serat serta kandungan vitamin C dan kaliumnya yang sangat tinggi. Yang mana hal ini akan sangat baik untuk penderita asam urat. Serat dan kalium yang terkandung dalam buah pisang akan dapat membantu memproses penyerapan asam urat dengan cepat dan membuangnya melalui urine setelah melewati proses penyaringan ginjal. Sedangkan kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah pisang tersebut akan dapat membantu meredakan sejumlah peradangan dan rasa nyeri di sejumlah bagian tubuh yang terkena asam urat. Bahkan kandungan tersebut juga mampu menetralkan asam urat.

  • Jeruk Nipis

Salah satu jenis buah yang memiliki rasa kecut ini juga dikenal sangat baik untuk penderita asam urat. Yup, hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bermanfaat untuk membantu melarutkan asam urat dan mengeluarkannya melalui urine. Yang mana hal ini sangat cocok sebagai alternatif untuk menurunkan asam urat yang berlebih dalam tubuh. Untuk memanfaatkan jeruk nipis sebagai penurun asam urat, Anda hanya perlu mengkonsumsi segelas air yang telah dicampur dengan air perasan jeruk nipis sebanyak dua kali sehari. Dengan begitu kadar asam urat Anda dapat terkendali.

  • Berries

Berries sendiri dikenal sebagai buah yang memiliki ragam jenisnya. Nah, beberapa buah berries yang dikenal sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat ini adalah buah stroberi dan blueberry. Kedua buah berries tersebut dikenal akan sifat anti-inflamasinya yang sangat tinggi. Di mana hal ini akan sangat bagus untuk membantu mengatasi sejumlah peradangan yang terjadi pada tubuh akibat kadar asam urat yang tinggi. Bahkan kedua buah ini juga tinggi akan vitamin C yang dapat membantu menetralkan dan menurunkan kadar asam urat dengan baik.

Nah guys, itulah dia beberapa makanan yang bisa sobat konsumsi untuk membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi dengan cepat. Selamat mencobanya!!! :) Sekian yang dapat disampaikan dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

3 Minuman dan 7 Makanan Penurun Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jamuobat

0 komentar:

Posting Komentar